Ahad 23 Jul 2023 19:44 WIB

PLN Pasang Listrik 988 Rumah Tangga tidak Mampu di Jember

Ini juga merupakan salah satu upaya pemerataan akses listrik ke seluruh Tanah Air.

Warga memasukkan pulsa token listrik di rumahnya di Kota Kediri, Jawa Timur, Ahad (5/4/2020) (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Warga memasukkan pulsa token listrik di rumahnya di Kota Kediri, Jawa Timur, Ahad (5/4/2020) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT PLN (Persero) memberikan bantuan pasang baru listrik gratis kepada 988 rumah tangga tidak mampu di Jember, Jawa Timur, sebagai bentuk dukungan atas program pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Direktur Ritel dan Niaga PT PLN (Persero), Edi Srimulyanti dalam keterangannya di Surabaya, Ahad (23/7/2023), mengatakan pemasangan tersebut merupakan program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga

"Program BPBL ini menjadi bukti komitmen PLN untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat tidak mampu dan listrik untuk kehidupan yang lebih baik," ujar Edi.

Pada 2022 sebanyak 18.071 rumah tangga tidak mampu di Jawa Timur mendapat bantuan sambungan listrik gratis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 988 sambungan rumah tangga berlokasi di Kabupaten Jember yang tersebar pada 21 kecamatan.

"Ini juga merupakan satu dari sekian upaya pemerataan akses listrik ke seluruh nusantara untuk meningkatkan rasio elektrifikasi," ungkap Edi.

Berkat konsistensi pemerintah dan PLN melalui berbagai program elektrifikasi yang digagas, hingga semester I 2023 rasio elektrifikasi nasional telah mencapai angka 97,68 persen. Di Provinsi Jawa Timur, rasio elektrifikasi semester I 2023 telah mencapai 99,57 persen.

Penerima manfaat BPBL adalah Rusik (40) sehari-hari bekerja sebagai buruh tani yang tinggal bersama istri dan kedua anaknya. Sebelumnya ia menyambung listrik dari rumah kakak perempuannya. Listrik yang digunakan hanya untuk penerangan di rumahnya, dengan empat titik lampu.

"Bayar pulsa listrik sebesar dua puluh ribu setiap bulan, dibagi dua dengan kakak saya, masing-masing sepuluh ribu," ujar Rusik.

Rusik mengatakan, dengan bantuan pemasangan instalasi listrik gratis ini, dia menjadi lebih nyaman, tidak perlu menyantol listrik lagi dengan listrik dari kakaknya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement