Senin 17 Jul 2023 20:01 WIB

Ini Lima Reksa Dana Saham Berkinerja Terbaik

Reksa dana saham mencatatkan imbal hasil tertinggi pekan lalu.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Investasi reksadana (ilustrasi).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Investasi reksadana (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Reksa dana kembali mencatatkan kinerja yang cemerlang sepekan lalu. Reksa dana di seluruh kelas aset membukukan kinerja positif dengan reksa dana saham memberikan return tertinggi yaitu mencapai sebesar 1,41 persen. 

Selanjutnya reksa dana campuran mengalami pertumbuhan sebesar 0,84 persen. Sedangkan reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang masing-masing memberikan return sebesar 0,23 persen dan 0,08 persen. 

Baca Juga

Menurut riset Infovest Utama, Senin, (17/7/2023), kinerja positif reksa dana ditopang katalis positif data-data ekonomi domestik mulai dari menguatnya rupiah, IKK tetap optimistis walaupun turun tipis dibanding periode sebelumnya, dan diresmikannya RUU kesehatan menjadi UU.

Sentimen dari global yang dominan yakni rilis data inflasi non-inti dan inflasi AS yang turun melebihi ekspektasi pasar. Di sisi lain data dari China menunjukkan kinerja kurang baik dimana terjadi deflasi secara bulanan dan pertumbuhan kinerja ekspor-impor China secara tahunan berlanjut terkontraksi. 

Berdasarkan data dari Infovesta, terdapat lima reksa dana dari berbagai kelas aset yang membukukan kinerja cemerlang sejak awal tahun atau year to date (ytd). Pada posisi pertama terdapat Recapital Equity dengan kenaikan sebesar 18,47 persen. 

Pada posisi kedua, Infovesta mencatat produk Cipta OVO Ekuitas dengan return sebesar 17,46 persen, kemudian Cipta Saham Unggulan Syariah menyusul posisi selanjutnya dengan kenaikan sebesar 15,44 persen. Masih keluaran Ciptadana Asset Management, reksa dana saham tertinggi selanjutnya dibukukan oleh Cipta Saham Unggulan dengan kenaikan 14,58 persen. Terakhir, produk Pratama Dana Cemerlang Saham mencatat kenaikan 12,63 persen.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement