Jumat 14 Jul 2023 18:55 WIB

Yuk Simak Tips Agar Bisa Financial Freedom?

Jika mau financial freedom harus kurangi atau hilangkan pengeluaran karena keinginan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Financial freedom bisa diraih dengan memprioritaskan pengeluaran fokus pada kebutuhan utama dan budgeting.
Foto:

Maka dari itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tips financial freedom adalah jadikan uang bekerja untuk kita.

 

"Seperti yang disampaikan sebelumnya, caranya ialah dengan berinvestasi. Kamu dapat memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kemampuanmu, misalnya investasi emas, saham, reksa dana, properti, P2P lending, dan sebagainya," tuturnya.

 

Widya melanjutkan, hal yang sering dilupakan adalah menyiapkan dana darurat. Padahal, dana darurat merupakan suatu hal yang wajib dipersiapkan untuk mencapai kebebasan finansial. Ini dikarenakan dana darurat akan membantu kamu lebih siap ketika menghadapi urusan yang sifatnya mendadak.

 

"Dengan memiliki dana darurat, kamu tak perlu mengorbankan uang kebutuhan sehari-hari demi menyelesaikan urusan tersebut. Besaran dana darurat yang sebaiknya disiapkan yaitu 6 kali atau 12 kali pengeluaranmu per bulan, serta harus dipisah dengan tabungan dan investasi," ucapnya.

 

Berikutnya tips financial freedom adalah mencari penghasilan tambahan. Meski  sudah mempunyai pendapatan tetap, namun tak ada salahnya kamu mencari sumber penghasilan tambahan.

 

"Kamu bisa membuka usaha berjualan di online shop atau menjadi freelancer suatu project. Namun, jangan lupa atur jadwalmu sebaik mungkin agar kamu juga tidak kelelahan. Penghasilan tambahan ini nanti dapat kamu gunakan untuk menabung hingga membeli aset untuk investasi," ucapnya.

 

Terakhir, hindari gaya hidup hedonisme bila ngin segera bisa mencapai financial freedom. Selain menghabiskan uang, gaya hidup ini juga akan memicu hutang yang sebenarnya tidak perlu.

 

"Tetap terapkan gaya hidup sederhana, seperti berbelanja secukupnya, rajin menabung, dan menghindari hutang jika tidak mampu melunasinya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement