Senin 10 Jul 2023 13:35 WIB

Elon Musk Sebut Mobil Tesla Siap Berkendara Mandiri, Benarkah?

Saat ini full self-driving Tesla pada dasarnya masih berada di level dua.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Elon Musk mengatakan Tesla sangat dekat untuk bisa berkendara secara mandiri tanpa pengawasan manusia.
Foto: AP Photo/David Zalubowski
Elon Musk mengatakan Tesla sangat dekat untuk bisa berkendara secara mandiri tanpa pengawasan manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---CEO Perusahaan Mobil Tesla, Elon Musk mengatakan bahwa menurutnya Tesla “sangat dekat untuk bisa berkendara secara mandiri tanpa pengawasan manusia”. Hal itu dia ungkapkan pada 2023 World Artificial Intelligence Conference di Shanghai Cina pekan lalu. Tesla juga akan “mencapai self-driving penuh mungkin apa yang akan Anda sebut (level) empat atau lima”. Musk berpikir itu terjadi di akhir tahun ini.

Dilansir dari Mashable SE Asia,Senin (10/7/2023),  pria bernama lengkap Elon Reeve Musk ini mengacu pada standar Society of Automotive Engineers (SAE) untuk berkendara secara mandiri (autonomous driving), di mana level empat adalah mengemudi hampir otonom, dengan mobil dapat mengemudi sendiri tanpa campur tangan pengemudi dalam beberapa situasi, sedangkan level lima adalah otonomi penuh, dengan mobil bergerak sendiri pada dasarnya di mana saja dan dalam segala kondisi.

Baca Juga

Saat ini, paket bantuan mengemudi Full Self-Driving Tesla pada dasarnya masih di level dua, dengan modil membantu dalam skenario tertentu, tetapi pengemudi harus waspada dan siap untuk mengambil alih dalam segala situasi.

Mengemudi secara mandiri level empat dan lima jauh lebih maju, termasuk skenario seperti mengetik instruksi navigasi ke dalam mobil dan kemudian si pengemudi bisa tidur saat mobil melaju sendiri ke tujuan. Sedangkan untuk level lima adalah mobil dapat melakukannya di mana saja dan dalam segala kondisi.

Berbicara di Shanghai, Musk mengakui bahwa dia “salah tentang prediksi ini di masa lalu,” tetapi dia juga mengatakan dia merasa Tesla “lebih dekat dengannya daripada sebelumnya.” 

Pada 2017, Musk mengatakan Tesla akan dapat mengendarai mobil secara mandiri, dari pantai ke pantai Amerika Serikat (AS), dalam tiga hingga enam bulan (video Tesla tahun 2016 yang melakukan hal serupa dipentaskan). Sejak 2019, dia terus berjanji bahwa versi yang lebih canggih dari paket Full Self-Driving Tesla, yang saat ini dalam versi beta, akan segera tiba (tidak jelas seberapa dekat versi terakhir FSD dengan otonomi level empat atau level lima).

Bagaimanapun, kita akan segera mengetahui apakah Tesla dapat melakukannya kali ini.

Di sisi lain, Mercedes-Benz telah menawarkan teknologi berkendara mandiri level empat di Jerman, tetapi hanya dalam satu skenario yang sangat terbatas, sementara level lima belum ditawarkan oleh perusahaan mana pun dalam mobil yang tersedia secara komersial.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement