Ahad 09 Jul 2023 08:53 WIB

Amartha Berkolaborasi dengan Kominfo Tingkatkan Digitalisasi UMKM Desa

Kolaborasi dilakukan dengan program Adopsi Teknologi Digital dan Inkubasi Bisnis UMKM

Amartha mendorong kesejahteraan pelaku usaha lewat teknologi.
Foto: Dok Republika
Amartha mendorong kesejahteraan pelaku usaha lewat teknologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), platform penyedia akses keuangan inklusif, berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam meningkatkan digitalisasi UMKM di pedesaan. Kolaborasi dilakukan dengan program Adopsi Teknologi Digital dan Inkubasi Bisnis UMKM UMKM Level Up.

"Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan Kementerian Kominfo dalam mengakselerasi adopsi teknologi digital 4.0 di kalangan UMKM Indonesia," ucap Chief Operating Officer Amartha Budhi Siswoadji dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

Amartha melihat potensi yang sangat besar bagi UMKM untuk bersaing. Namun dibutuhkan intervensi yang lebih jauh, misalnya dengan memberikan literasi keuangan dan digital.

Maka dari itu dengan mengadopsi digitalisasi, Budhi menyebutkan UMKM berpotensi untuk memperluas jangkauan pasar dan mengembangkan kapabilitas usahanya agar dapat lebih sejahtera.

Dalam program ini, Amartha sebagai salah satu fasilitator memberikan fasilitas pelatihan, penyusunan materi, hingga pendampingan, yang bertujuan untuk memfasilitasi adopsi teknologi digital 4.0 bagi para pelaku UMKM.

Program pelatihan dan pendampingan ini merupakan inisiatif Kementerian Kominfo guna mengembangkan potensi keterampilan dan kemandirian pelaku usaha UMKM melalui ekosistem digital. Harapannya, pelaku UMKM dapat meningkatkan akses pemasaran, efisiensi dan efektivitas operasional, sekaligus berdampak pada transaksi penjualan serta daya saing UMKM di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan melalui program ini, Kominfo akan meningkatkan adopsi digital bagi pelaku UMKM agar produktivitasnya meningkat dan memfasilitasi inkubasi bisnis 100 pelaku UMKM binaan Kementerian Kominfo yang sudah memiliki kemampuan digital dalam memasarkan produk.

"Dengan melibatkan para fasilitator, harapannya peningkatan level adopsi teknologi digital dan peningkatan kemampuan bisnis dapat memberi nilai lebih serta mendorong produksi salam negeri yang berdampak pada peningkatan nilai ekspor dan pertumbuhan ekonomi nasional," ungkap Semuel.

Adapun program kelas tersebut akan diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo di berbagai wilayah sebaran UMKM di Indonesia meliputi Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Timur, serta Papua dan Papua Barat, dengan tema seputar inklusi keuangan dan digital.

Dengan demikian selama enam bulan ke depan, Amartha akan menyampaikan materi yang relevan dan mendampingi UMKM dalam mendigitalisasi perekonomian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement