Jumat 07 Jul 2023 00:04 WIB

China Produksi 10 Juta Mobil Listrik Hanya dalam Waktu Satu Tahun Lima Bulan

Tahun ini penjualan mobil listrik di China diperkirakan mencapai 8,5 juta unit.

Pabrik mobil listrik BYD (Build Your Dreams) di China. China hanya membutuhkan waktu satu tahun lima bulan untuk memproduksi 10 juta unit mobil listrik.
Foto: EPA-EFE/ALEX PLAVEVSKI
Pabrik mobil listrik BYD (Build Your Dreams) di China. China hanya membutuhkan waktu satu tahun lima bulan untuk memproduksi 10 juta unit mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING – Mobil listrik atau kendaraan energi baru (NEV) China ke-20 juta diluncurkan dari jalur produksi di Guangzhou, ibu kota provinsi Guangdong, Senin (3/7/2023).

Wakil Presiden Eksekutif dan Sekretaris Jenderal Asosiasi Produsen Otomotif China (CAAM) Fu Bingfeng mengatakan butuh 15 tahun bagi kendaraan energi baru China untuk mencapai 10 juta pertama.  “Sedangkan 10 juta kedua hanya membutuhkan waktu satu tahun lima bulan,” katanya sebagaimana dikutip Chinadaily.com, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga

Menurut  Fu dengan catatan ini, sektor NEV telah memasuki tahap baru pembangunan berskala besar, global, berkualitas tinggi dan menjadi bagian penting dari sistem industri modern China.

Pada kesempatan terpisah Asosiasi Mobil Penumpang China mengatakan pasar kendaraan penumpang energi baru China melanjutkan ekspansi yang kuat dan diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi di bulan Juni. Menurut asosiasi perusahaan ini penjualan ritel kendaraan NEV di China diperkirakan akan mencapai rekor 740 ribu pada Juni 2023.

Capaian tersebut akan menandai peningkatan 10 persen dari bulan ke bulan dan lonjakan 30 persen dari tahun ke tahun.

Dengan sejumlah besar model NEV baru yang diperkenalkan pada kuartal kedua tahun ini dan peningkatan promosi dari produsen NEV sangat berpotensi terus meningkatnya penjualan mobil di segmen ini. Dan hal ini sangat  mendukung pertumbuhan penjualan NEV yang berkelanjutan di negara itu.

Asosiasi ini juga memperkirakan penjualan NEV di China akan mencapai 8,5 juta unit sepanjang tahun 2023, dan tingkat penetrasi tahunan kendaraan energi baru diperkirakan mencapai 36 persen.

sumber : Chinadaily.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement