Kamis 06 Jul 2023 14:14 WIB

PUPR Targetkan Pengendalian Banjir Kawasan NYIA Selesai Akhir 2023

Proyek pengendalian banjir untuk kurangi debit puncak banjir di sistem drainase YIA.

Penumpang menuju terminal keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo, Yogyakarta, Jumat (30/12/2022). Pembangunan pengendalian banjir YIA ditargetkan rampung pada akhir 2023.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Penumpang menuju terminal keberangkatan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo, Yogyakarta, Jumat (30/12/2022). Pembangunan pengendalian banjir YIA ditargetkan rampung pada akhir 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak menargetkan pembangunan pengendalian banjir kawasan Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) rampung pada akhir tahun 2023. Target tersebut sejalan dengan arahan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Proyek pengendalian banjir kawasan Bandara NYIA akhir tahun ini harus sudah selesai," ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai 2 Satuan Kerja Pelaksanaan Jaringan Sumber Air BBWS Serayu Opak Sony Santoso di Kulonprogo, Yogyakarta pada Kamis (6/7/2023).

Baca Juga

Dalam paparannya, dia mengatakan bahwa konsep makro pengendalian banjir kawasan Bandara YIA bertujuan untuk mengurangi debit puncak banjir di sistem drainase Utama kawasan bandara YIA, yaitu Kali Bogowonto dan Kali Serang dengan cara menahan sebagian debit inflow yang masuk ke dalam sistem drainase utama.

Kemudian menjadikan Sub sistem Drainase Carik Timur, Kali Sidatan, Kali Kebo, Carik Barat dan Lereng Timur sebagai sistem long storage yang bertujuan untuk menahan sementara beban debit dari daerah tangkapan airnya sebelum dapat dialirkan masuk ke sistem drainase utama K Serang.

Tujuan berikutnya untuk menjadikan sub sistem drainase Carik Barat dan Lereng Timur sebagai sistem Long Storage yang bertujuan untuk menahan sementara beban debit dari daerah tangkapan airnya sebelum dapat dialirkan masuk ke Sistem drainase utama Sungai Bogowonto.

Setelah efek long-storage sudah maksimal maka jika dalam simulasi pemodelan banjir muka air di Kali Bogowonto dan Kali Serang masih melebihi tanggul eksisiting maka penanganan banjir akan dikombinasikan dengan meninggikan tanggul pada sistim drainase utama.

Pada saat muka air di Kali Serang dan Kali Bogowonto lebih tinggi dari muka air di long-storage maka pintu ditutup. Sebaliknya, jika muka air di long storage lebih tinggi dari muka air sistem drainase utama maka pintu dibuka.

Dalam kondisi darurat dimana air di long storage sudah penuh sementara muka air Kalk Bogowonto masih lebih tinggi maka sistem outlet di long-storage Carik Barat dibantu menggunakan pompa.

Kemudian dalam kondisi darurat dimana air di Kolam Retensi sudah penuh sementara muka air di Kali Serang masih lebih tinggi maka sistem outlet di Kolam Retensi carik Timur dibantu menggunakan pompa. Bandara NYIA di Yogyakarta merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanatkan oleh Pemerintah RI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement