Rabu 05 Jul 2023 20:38 WIB

Uji Coba Dimulai, Naik Transjakarta Ke Bandara Soekarno-Hatta Gratis!

Transjakarta memulai uji coba rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Bus baru Transjakarta melayani rute Kalideres-Bandara Soetta dan sebaliknya. Rute ini melewati 20 halte yang memakan waktu kurang lebih 60 menit, Rabu (5/7/2023).
Foto: Republika/Fergi Nadira
Bus baru Transjakarta melayani rute Kalideres-Bandara Soetta dan sebaliknya. Rute ini melewati 20 halte yang memakan waktu kurang lebih 60 menit, Rabu (5/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat kini bisa menuju Bandara Soekarno-Hatta menggunakan Transjakarta. Mulai hari ini (5/7/2023) Transjakarta memulai uji coba rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta.

Rencananya, uji coba akan dilakukan selama dua pekan dan pada periode tersebut ditetapkan tarif nol rupiah. Selama uji coba, layanan Transjakarta rute terdebut dioperasikan setiap hari pada pukul 06.00-09.00 WIB dan 18.00-21.00 WIB.

Baca Juga

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk melayani masyarakat Jakarta yang bekerja di sekitar bandara.

“Tidak itu saja, melayani seluruh masyarakat yang hari-hari atau saat-saat tertentu mereka berkepentingan menuju Bandara Soekarno-Hatta,” kata Heru, Rabu (5/7/2023).

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan terealisasinya layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta berkat dukungan dari seluruh pihak. Khususnya Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Perhubungan dan Transjakarta, TNI, dan Polri serta stakeholder lainnya yang telah mendukung adanya layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hattaz

“Seluruh pihak bergerak dengan cepat. Usulan ini pertama kali diutarakan kepada Pj Gubernur DKI Jakarta pada 28 Mei 2023 dan pada 5 Juli 2023 uji coba layanan Transjakarta sudah berjalan di Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Awaluddin.

Awaluddin menuturkan, jumlah pekerja di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 40 ribu hingga 50 ribu orang setiap harinya. Sementara itu, jumlah penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sebelum pandemi berkisar 180 ribu hingga 200 ribu orang.

“Layanan Transjakarta menjadi opsi untuk mendukung mobilitas pekerja dan masyarakat umum dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta,” ucap Awaluddin.

Pekerja dan masyarakat umum yang berangkat dengan Transjakarta setibanya di Bandara Soekarno-Hatta dapat melanjutkan ke tujuan akhir seperti misalnya terminal penumpang. Begitu juga dengan shuttle bus ataupun Skytrain.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan mengapreasiasi atas terobosan layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta. “Kita tahu di jam pelayanan tadi pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB dan sore hari pukul 18.00 WIB hinga 21.00 WIB adalah jam padat. Dengan adanya terobosan ini, merupakan yang sangat baik mengurangi kepadatan lalu lintas,” jelas Doni.

Sementara itu, Polresta Bandara Soekarno-Hatta menyatakan siap untuk mendukung dari aspek keamanan dan kelancaran lalu lintas. Wakapolresta Bandara Soekarno-Hatta AKBP RM Jauhari menuturkan dalam coba akan dilakukan evaluasi dan pemantauan berulang.

“Evaluasi dilakukan untuk mengetahui mana yang lebih efektif dalam melayani masyarakat khususnya di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Jauhari. Rahayu Subekti

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement