Selasa 04 Jul 2023 14:32 WIB

Bank Sentral Australia Tahan Suku Bunga

Bank Sentral Australia mempertahankan suku bunga di level tertinggi 11 tahun.

Bank sentral Australia pada Selasa (4/7/2023) mempertahankan suku bunga stabil dengan mengatakan ingin lebih banyak waktu untuk menilai dampak kenaikan di masa lalu.
Foto: AP Photo/Mark Baker
Bank sentral Australia pada Selasa (4/7/2023) mempertahankan suku bunga stabil dengan mengatakan ingin lebih banyak waktu untuk menilai dampak kenaikan di masa lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Bank sentral Australia pada Selasa (4/7/2023) mempertahankan suku bunga stabil dengan mengatakan ingin lebih banyak waktu untuk menilai dampak kenaikan di masa lalu. Akan tetapi, bank sentral menegaskan kembali peringatannya bahwa pengetatan lebih lanjut mungkin diperlukan untuk menurunkan inflasi.

Mengakhiri pertemuan kebijakan bulan Juli, Reserve Bank of Australia (RBA) mempertahankan suku bunga di level tertinggi 11 tahun sebesar 4,10 persen. Bank sentral telah menaikkan suku bunga sebesar 400 basis poin sejak Mei tahun lalu, dalam siklus pengetatan paling agresif dalam sejarah modern untuk menjinakkan inflasi.

Baca Juga

Pasar telah condong ke arah jeda, tetapi para ekonom terpecah tentang hasilnya, dengan 16 dari 31 yang disurvei oleh Reuters mengharapkan kenaikan dan sisanya memperkirakan bank akan bertahan.

Dolar Australia merosot 0,4 persen menjadi 0,6647 dolar AS. Pasar kini telah bergeser untuk mengimplikasikan peluang kenaikan sekitar 50-50 menjadi 4,35 persen pada bulan Agustus, sambil mengurangi risiko pergerakan lebih lanjut menjadi 4,6 persen.

Dalam pernyataan kebijakan hari Selasa, Gubernur RBA Philip Lowe mengatakan bahwa suku bunga yang lebih tinggi berfungsi untuk menciptakan keseimbangan yang lebih berkelanjutan antara penawaran dan permintaan dalam perekonomian.

"Mengingat hal ini dan ketidakpastian seputar prospek ekonomi, Dewan memutuskan untuk mempertahankan suku bunga stabil bulan ini."

Kepala RBA menunjuk ketidakpastian tentang prospek konsumsi rumah tangga dan mengenai ekonomi global. 

Namun, Lowe mengulangi peringatan sebelumnya bahwa beberapa pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut mungkin diperlukan karena inflasi masih terlalu tinggi dan akan tetap demikian untuk beberapa waktu.

"Keputusan hari ini untuk menghentikan kenaikan suku bunga menunjukkan RBA telah menyadari ekonomi berada di ujung tanduk dan harus berputar untuk mencapai tujuannya untuk menempuh 'jalan sempit' melalui kondisi ekonomi saat ini," kata Stephen Smith, mitra Deloitte Access Economics.

RBA pertama berhenti pada bulan April dan kemudian mengejutkan pasar dengan melanjutkan kenaikannya pada bulan Mei dan Juni, kecenderungan hawkish yang membuat banyak ekonom melihat peluang resesi yang lebih tinggi tahun ini mengingat pertumbuhan ekonomi yang lesu.

Data ekonomi selama sebulan terakhir beragam. Pendinginan tajam dalam pembacaan inflasi bulanan yang bergejolak menuntut jeda, tetapi laporan pekerjaan blockbuster dan penjualan ritel yang kuat menunjukkan beberapa pekerjaan yang harus dilakukan oleh RBA.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement