Ahad 02 Jul 2023 14:44 WIB

Citilink Buka Rute Baru Bali-Papua Nugini, Ini Jadwal Pemberangkatannya

Rute tersebut sudah ditunggu cukup lama oleh masyarakat Papua Nugini.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Pekerja melakukan bongkar muat koper dan barang bawaan penumpang pesawat maskapai Citilink.
Foto: ANTARA/Andika Wahyu
Pekerja melakukan bongkar muat koper dan barang bawaan penumpang pesawat maskapai Citilink.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai berbiaya hemat atau low cost carrier (LCC) Citilink membuka penerbangan rute internasional terbaru dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali menuju Bandar Udara Internasional Jacksons, Port Moresby, Papua Nugini. Rute tersebut resmi dibuka mulai hari ini (2/7/2023).

“Pembukaan rute internasional terbaru ini merupakan momen bersejarah untuk kedua negara dan juga untuk Citilink khususnya karena Citilink merupakan maskapai Indonesia pertama yang melakukan penerbangan langsung untuk menghubungkan Indonesia dengan Papua Nugini,” kata Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (2/7/2023).

Baca Juga

Dewa menjelaskan, rute tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Citilink dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah. Khususnya dalam menghubungkan negara Indonesia dengan negara Papua Nugini.

Dengan dibukanya penerbangan rute baru tersebut, Dewa mengharapkan dapat meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. Dia memastikan, Citilink berkomitmen seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan mengedepankan aspek keamanan, keselamatan, dan kenyamanan bagi seluruh pelanggan.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Supadma Rudana mengatakan rute tersebut sudah ditunggu cukup lama oleh masyarakat Papua Nugini.

“Sebelumnya mereka yang ingin ke Indonesia khususnya ke Bali harus transit di Manila atau Singapura dan lainnya. Tetapi sekarang sudah ada penerbangan langsung ke Indonesia khususnya ke Bali,” jelas Putu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun berharap dengan penerbangan tersebut bisa menambah kedatangan kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali. Terlebih saat ini sudah ada target yang ditetapkan.

“Target kami disampaikan oleh Pak Gubernur adalah 4,5 juta kunjungan, sampai dengan tanggal 22 Juni kemarin kami sudah mencapai 2,2 juta kunjungan wisman,” ucap Bagus.

Penerbangan rute Denpasar – Papua Nugini beroperasi dua kali dalam sepekan yakni pada Kamis dan Ahad dengan menggunakan armada Airbus A320. Berikut jadwal penerbangannya:

Rute Denpasar-Papua Nugini (QG 598)

Waktu keberangkatan 04.00 WITA dan tiba di Papua Nugini pada pukul 11.00 waktu setempat.

Rute Papua Nugini-Denpasar (QG 599)

Waktu keberangkatan 12.00 waktu setempat dan tiba di Denpasar pukul 14.55 WITA

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement