Rabu 28 Jun 2023 13:42 WIB

Dorong Peningkatan Kompetensi UMKM, Jamkrindo Fasilitasi Kelas Bisnis UMKM 2023

Kelas Bisnis jadi salah satu kegiatan Jamkrindo dukung UMKM sebagai penggerak ekonomi

PT Jaminan Kredit Indonesia menggelar Kelas Bisnis UMKM 2023. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan pelaku UMKM.
Foto: dok Jamkrindo
PT Jaminan Kredit Indonesia menggelar Kelas Bisnis UMKM 2023. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan pelaku UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jaminan Kredit Indonesia menggelar Kelas Bisnis UMKM 2023. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan pelaku UMKM.

Wakil Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan II Jamkrindo Anggit Murdiwibowo mengatakan, Kelas Bisnis UMKM 2023 adalah inisiatif Jamkrindo dalam memberikan pembinaan dan pelatihan kepada UMKM guna mengembangkan potensi bisnis mereka. Bertajuk 'UMKM Cerdas, Ekonomi Meningkat', kegiatan ini menjadi bentuk nyata peran Jamkrindo dalam memberikan dukungan kepada UMKM sebagai motor penggerak perekonomian nasional.

"Ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan Jamkrindo kepada para UMKM. Kita tahu bahwa UMKM mempunyai peran penting dalam menentukan kondisi perekonomian di Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (27/6/2023).

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Maret 2021, jumlah UMKM di Tanah Air sebanyak 64,2 juta, dengan jumlah kontribusi terhadap produk domestik bruto 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

 

Anggit menyebut, peningkatan kompetensi pelaku UMKM sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks.

"Kelas Bisnis UMKM 2023 adalah wujud nyata dari peran Jamkrindo dalam membantu UMKM meningkatkan kualitas usaha mereka melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan," ujarnya.

Kelas Bisnis UMKM 2023 memberikan pelatihan yang komprehensif kepada para peserta selama beberapa minggu ke depan. Pelatihan tersebut meliputi berbagai aspek bisnis seperti kewirausahaan, keuangan, pemasaran, legalitas usaha, pengelolaan sumber daya manusia, dan manajemen operasional. 

Selain itu, para peserta juga akan didampingi oleh para profesional yang memiliki pengalaman luas bidangnya. "Selain materi yang diberikan kami juga telah menyiapkan para pendamping profesional yang mampu membantu para peserta semuanya untuk mencapai target kebutuhan masing-masing selama tiga bulan ke depan," kata Anggit.

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan kepada para pelaku usaha UMKM ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial untuk memeriahkan hari jadi Jamkrindo ke-53, tepatnya pada 1 Juli 2023 mendatang.

Rangkaian kegiatan ini digelar sebanyak delapan kali baik melalui offline maupun online. Adanya Kelas Bisnis UMKM 2023, Jamkrindo berharap dapat memberikan dorongan signifikan dalam meningkatkan kompetensi dan keberhasilan para pelaku UMKM di Tanah Air.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memperluas jangkauan Jamkrindo sebagai perusahaan penjaminan UMKM sehingga lebih banyak UMKM dapat memanfaatkan layanan dan mendapatkan perlindungan dari risiko bisnis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement