Senin 19 Jun 2023 14:58 WIB

Tepis Isu Deforestasi, Ini Positifnya Kelapa Sawit

Lebih dari 40 persen kebutuhan minyak nabati global menggunakan kelapa sawit.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Pekerja memindahkan buah sawit yang baru dipanen dari truk kecil ke truk yang lebih besar di perkebunan kelapa sawit di Deli Serdang, Sumatera Utara, (23/5/2022). Kelapa sawit memiliki banyak manfaat.
Foto:

Sementara itu, Direktur Utama dari PT Astungkara Sukses Makmur (Official Distributor Bali Soap) Mahendta Wijayanto menegaskan, minyak sawit dipilih banyak perusahaan sebagai bahan baku dalam produksi produk. Hal tersebut lantaran harganya yang terjangkau, mudah ditemukan, mudah diproduksi, kualitas minyak cenderung stabil, multifungsi, serta sustainable.  

Sebagai bahan baku penting dalam produksi produk health care dan kosmetik, Mahendra mengatakan diketahui bahwa kandungan dan peranan minyak sawit memiliki banyak manfaat. “Bisa untuk meremajakan kulit, kaya antiokasidan, mengandung vitamin E, menyehatkan rambut, tidak menyebabkan ketergantungan, kaya provitamin A, anticaking agent, dan menjadikan produk yang digunakan awet di kulit,” jelas Mahendra.

Penyebaran isu negatif sawit di dalam negeri dikabarkan juga marak dalam bentuk labelisasi no palm oil pada kemasan produk. Selain itu juga melibatkan public figure di media sosial untuk mengkampanyekan penolakan penggunaan produk sawit.

 

Bahkan juga menyasar segmentasi spesifik yakni dengan adanya bahan ajar tekstual atau soal-soal ujian di beberapa sekolah yang eksplisit menerangkan sawit tidak ramah lingkungan. Untuk menangkal isu negatif sawit di sekolah-sekolah dan mencapai tujuan promosi sawit, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Bali untuk menyelenggarakan kegiatan Palm Oil EduTalk Kupas Tuntas Mitos dan Fakta Tentang Kelapa Sawit dan Sawit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement