Senin 19 Jun 2023 10:31 WIB

Harga Gula Mahal, Pengusaha Mamin Diminta tak Naikkan Harga

Beberapa industri akhirnya melakukan efisiensi agar ongkos produksi bisa ditekan.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Gula pasir kemasan.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Gula pasir kemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga gula di dunia mengalami kenaikan akibat persoalan iklim. Merespon hal tersebut, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) melakukan berbagai langkah antisipasi.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi Lukman menjelaskan, banyak pengusaha untuk mengurangi margin usaha daripada menaikan harga jual terutama di tengah tahun ini. Hal ini langkah strategis yang paling mungkin dipilih untuk menjaga daya beli masyarakat.

Baca Juga

"Karena kenaikan harga juga butuh persiapan dan negosiasi dengan retail dan distributor. Jadi kebanyakan pelaku industri memilih untuk mengurangi margin daripada menaikan harga di tengah tahun," kata Adhi kepada Republika, Senin (19/6/2023).

Adhi juga menjelaskan beberapa industri akhirnya melakukan efisiensi agar ongkos produksi bisa dikurangi. Banyak industri melakukan inovasi bahan baku alternatif maupun mengubah kemasan. "Terpaksa juga mengurangi ukuran produk untuk menyesuaikan daya beli konsumen," ujar Adhi.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Putu Juli Ardika mengungkapkan, kenaikan harga gula dunia disebabkan oleh kondisi iklim yang terjadi di India saat ini. Sehingga ekspor gula di India itu sendiri mengalami penurunan 50 persen, dari yang sebelumnya 12 juta ton menjadi 6 juta ton.

"Kenaikan karena kondisi iklimnya, sehingga di India itu turun ekspor, 12 juta menjadi sekitar 6 juta ton. Itu sudah mempengaruhi pemenuhan kebutuhan dunia. Di beberapa tempat juga seperti itu," ujar Putut akhir pekan lalu.

Putu mengungkapkan, harga gula dunia sedikit mengalami peningkatan harga, utamanya pada Juni, di mana pada tahun lalu harga gula dunia sekitar 18 sen per pound. Namun saat ini, harga gula global sudah menginjak angka 26 sen per pound.

Data FAO menunjukkan, Indeks Harga Gula rata-rata mencapai 157,6 poin di bulan Mei 2023 naik 5,5 persen dari bulan sebelumnya. Adapun kenaikan indeks harga gula tersebut terjadi dalam empat bulan berturut. Indeks harga gula bahkan naik 37,3 poin atau 30,9 persen dibandingkan Mei 2022.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement