Rabu 14 Jun 2023 14:29 WIB

Duh, Devisa Rp 170 Triliun Lenyap karena Banyak yang Berobat Keluar Negeri

Sebanyak 60 persen WNI yang berobat keluar negeri adalah orang Jakarta.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Lida Puspaningtyas
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: dok. Kris - Biro Pers
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk berobat ke luar negeri dibandingkan di dalam negeri. Akibatnya, Indonesia pun kehilangan devisa hingga 11,5 miliar dolar AS atau Rp 170 triliun per tahun.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam sambutannya saat peresmian Tzu Chi Hospital di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga

“Kita tahu warga negara Indonesia yang berobat ke luar negeri itu hampir satu juta orang setiap tahun. Dan kita kehilangan devisa karena bayarnya ke luar negeri, kehilangan devisa 11,5 miliar USD. 170 triliun hilang gara-gara berobat ke luar negeri,” kata Jokowi.

Padahal, kata Jokowi, dokter di Indonesia tak kalah berkualitas dengan dokter-dokter di luar negeri, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan juga Jepang. Meski demikian, ia mengakui bahwa Indonesia kalah dalam hal peralatan medis.

“Masak kita sakit harus ke Singapura, harus ke Malaysia, harus ke Thailand, harus ke Jepang. Dokter-dokter kita ini ga kalah pinternya dengan mereka. Tapi alatnya memang kalah,” ujar dia.

Jokowi menyebut, mayoritas masyarakat yang berobat ke luar negeri berasal dari wilayah Jakarta atau sekitar 60 persen. Kemudian sebanyak 15 persen merupakan masyarakat Surabaya dan sisanya berasal dari Medan dan Batam.

“Tapi yang paling banyak tadi 60 persen dari Jakarta,” kata Jokowi.

Karena itu dalam acara ini, Presiden pun menyambut baik pembangunan rumah sakit Tsu Chi. Jokowi mengatakan, rumah sakit ini memiliki 576 kamar dengan peralatan dan sarana prasarana yang sangat modern. Sehingga bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berobat.

Dengan hadirnya rumah sakit Tsu Chi, Jokowi berharap masyarakat tak lagi memilih berobat ke luar negeri.

“Tsu Chi Hospital sudah menyiapkan peralatan yang tadi saya lihat. Semoga ini bisa kita bersaing dan masyarakat kita berobat dalam negeri dan kita kita tidak kehilangan Rp 170 triliun per tahun di urusan sakit saja,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement