Ahad 11 Jun 2023 15:50 WIB

Bersih-Bersih Pantai, Pertamina Group Balongan Kumpulkan Satu Ton Sampah

Bersih-bersih pantai Pertamina berhasil mengumpulkan total 1.099 kilogram sampah.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda
Aksi bersih-bersih pantai dilakukan Pertamina Group Balongan di Pantai Tirta Ayu Desa/Kecamatan Balongan, Sabtu (10/6/2023).
Foto: Dok Humas RU VI Balongan
Aksi bersih-bersih pantai dilakukan Pertamina Group Balongan di Pantai Tirta Ayu Desa/Kecamatan Balongan, Sabtu (10/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Aksi bersih-bersih pantai dilakukan Pertamina Group Balongan di Pantai Tirta Ayu Kecamatan Balongan, Sabtu (10/6/2023). Dalam kegiatan tersebut, total sampah yang terkumpul mencapai lebih dari satu ton.

Kegiatan itu dilakukan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan bersama PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Balongan (ITB) dan PT KPI Project Balongan.

Baca Juga

Ada 323 orang peserta yang turut serta ambil bagian dalam bersih-bersih pantai tersebut. Mereka berhasil mengumpulkan total 1.099 kilogram sampah, yang terdiri dari sampah organik 967 kilogram dan sampah anorganik seberat 132 kilogram.

Pjs General Manager PT KPI RU VI Balongan, Wahyu Sulistyo Wibowo mengatakan, kegiatan bersih-bersih Pantai itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2023. Hal itu sebagai aksi nyata dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

"Ada jenis sampah plastik yang butuh ratusan tahun baru bisa terurai, maka sudah seharusnya kita memahami prinsip pengolahan sampah yakni reduce, reuse dan recycle (3R) agar tidak mencemari lingkungan,’’ kata Wahyu.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI Balongan Mohamad Zulkifli mengatakan, pihaknya juga mengajak serta sejumlah pihak, termasuk siswa sekolah dasar (SD), dalam kegiatan bersih-bersih pantai tersebut.

"Kegiatan ini turut memberdayakan masyarakat lokal. Kita bekerja sama dengan pemilik warung-warung di sekitar pantai untuk menyediakan makanan dan minuman bagi peserta,’’ terang Zulkifli.

Terkait sampah yang dikumpulkan, Zulkifli menerangkan, sebagian sampah anorganik yang masih bisa diolah akan dimanfaatkan oleh kelompok Wiralodra (Mitra Binaan CSR Pertamina RU VI). Yakni, untuk dijadikan kerajinan olahan sampah seperti plakat.

Sedangkan sampah anorganik yang kondisinya sudah sulit diolah bersama sampah organik lainnya, diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) Pecuk. Pengangkutan dilakukan dengan menggunakan truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh masyarakat, bukan hanya hari ini saja demi menjaga kelestarian lingkungan,’’ tutur Zulkifli.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Yus Rusmadi, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti itu memang sudah seharusnya menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Agar lingkungan sekitar tetap terjaga kebersihannya sehingga turut berdampak pada kesehatan maupun keindahan alam lingkungan,’’ ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement