Jumat 09 Jun 2023 01:14 WIB

Bagaimana Larisnya Mobil Listrik Membuat Industri Minyak Jatuh?

Menurut IEA, 60 persen permintaan minyak global berasal dari transportasi. 

ID listrik Volkswagen Next memulai debutnya di Shanghai Auto Show, di Shanghai, China 17 April 2023. Foto ilustrasi.
Foto: REUTERS
ID listrik Volkswagen Next memulai debutnya di Shanghai Auto Show, di Shanghai, China 17 April 2023. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,Sepertinya tahun 2020-an siap menjadi dekade mobil listrik (EV), dengan pabrikan menawarkan lebih banyak mobil listrik sepenuhnya baterai dan kendaraan hibrida plug-in dalam barisan mereka daripada sebelumnya.

Dan dengan beberapa negara bagian membatasi penjualan kendaraan ICE (mesin pembakaran internal) baru, sepertinya pemilihan model baru seperti Kia EV9 dan Tesla Cybertruck datang tepat pada waktunya.

Baca Juga

Saat ini, EV masih merupakan bagian kecil dari penjualan kendaraan global, tetapi semakin populer di kalangan konsumen. Dengan semua model EV baru yang kemungkinan besar akan kita lihat di jalan di tahun-tahun mendatang, banyak orang bertanya-tanya apakah ini lonceng kematian bagi industri minyak. 

Masuk akal untuk berpikir menggunakan listrik dapat menimbulkan ancaman, dan kendaraan listrik baterai baru pasti akan mengurangi konsumsi minyak secara keseluruhan. Tapi itu masih jauh dari akhir untuk raksasa minyak.

Tren penjualan EV capai rekor tertinggi

Pangsa pasar kendaraan listrik tumbuh pada tingkat yang eksponensial. Kembali ke tahun 2020, saat pandemi Covid-19 melanda ekonomi global, penjualan kendaraan listrik melampaui semua ekspektasi dan terus meningkat ke rekor tertinggi. 

photo
Pemandangan supercar listrik mewah terbaru BYD Yangwang U9 (Ultimat 9) dipamerkan di Shanghai Auto Show di Shanghai. BYD sekarang menjadi produsen EV terbesar kedua di dunia, di belakang Tesla. - (Autoweek.com)

 

Tahun berikutnya, penjualan EV terus mengikuti tren dan tumbuh dengan mantap, dua kali lipat dari tahun sebelumnya hingga akhir tahun 2021. Jika kita membandingkan penjualan EV pada kuartal pertama tahun 2022 dan 2021, jumlahnya naik sebesar 75 persen.

Jika tren saat ini berlanjut, Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan bahwa akan ada lebih dari 300 juta kendaraan listrik di jalan raya pada tahun 2030. Itu merupakan peningkatan yang mengejutkan dari 16,5 juta EV yang ada di jalan raya pada tahun 2021. China dengan biaya produksi efisien ketika datang ke penjualan EV global. Eropa berada di posisi kedua, sedangkan AS saat ini berada di urutan ketiga.

Pertumbuhan eksponensial EV berkaitan dengan beberapa faktor kunci. Pertama adalah ketersediaan model EV yang lebih luas. Ada lebih banyak pembuat mobil EV murni untuk dipilih hari ini daripada beberapa tahun yang lalu, dengan Lucid Motors dan Rivian menjadi beberapa pemain baru yang terkenal di blok tersebut. 

Pembuat mobil lama juga memperluas jajaran mereka untuk memasukkan lebih banyak EV, dengan beberapa bekerja untuk menghapus model ICE mereka saat ini. Faktor kunci lainnya termasuk insentif pemerintah untuk EV, serta peningkatan teknologi dan keterjangkauan baterai. Jadi apa dampak semua kendaraan listrik baterai baru ini terhadap industri minyak?

Perusahaan minyak terpukul 

Pertumbuhan eksponensial kendaraan listrik menghadirkan ancaman yang jelas bagi industri minyak. Menurut IEA, 60 persen permintaan minyak global berasal dari transportasi. 

Karena EV tidak memerlukan minyak sebagai sumber bahan bakar utama, permintaan global dapat terganggu secara serius. Kendaraan hibrida listrik dan plug-in baterai diperkirakan akan menggantikan sekitar 2,5 juta barel minyak per hari pada tahun 2025. 

BloombergNEF, yang memberikan prakiraan jangka panjang di pasar energi, memperkirakan bahwa permintaan minyak sebesar 21 juta barel per hari akan digantikan di tahun 2050. 

Memperbesar kembali ke AS, analisis zero-sum dari tujuan Presiden Biden untuk membuat EV menjadi 50 persen dari penjualan mobil baru pada tahun 2030 menyiratkan penurunan permintaan minyak sebesar 34 persen pada waktu itu. Sepertiga dari penurunan produksi minyak dalam waktu kurang dari 10 tahun akan menjadi pukulan besar bagi perusahaan minyak di AS. Beberapa ekonom bahkan percaya ini bisa memicu krisis minyak global.

Tetapi ketika berbicara tentang efek EV terhadap konsumsi minyak saat ini, dampak terbesar tidak datang dari mana media ingin Anda percaya. Sejak 2015, dampak terbesar datang dari kendaraan listrik roda dua dan tiga yang diadopsi dengan cepat di Asia. 

Kendaraan ini menggantikan permintaan 675.000 barel minyak per hari pada tahun 2015 dan jumlah tersebut meningkat menjadi 1 juta barel per hari pada tahun 2021. Dari total permintaan minyak pada tahun 2021, sepeda motor listrik, skuter, dan tuk-tuk ini menyumbang penurunan yang mengejutkan 67 persen. Kategori penghematan minyak terbesar berikutnya adalah bus, sebesar 16 persen. Kendaraan niaga hanya menyumbang 4 persen dari permintaan minyak yang terlantar.

Mengapa EV tidak akan membunuh industri minyak

Tidak dapat disangkal bahwa peningkatan pesat EV akan merugikan kantong perusahaan minyak sampai batas tertentu, tetapi krisis minyak global yang diprediksi oleh beberapa ekonom tampaknya tidak realistis lagi. Untuk satu hal, EV tidak akan menggantikan semua permintaan minyak kita. 

Industri minyak menggunakan petrokimia untuk berbagai kegunaan lain, seperti bahan baku untuk memproduksi plastik dan pupuk. Dan dari 60 persen permintaan minyak yang disebutkan sebelumnya berasal dari transportasi, hanya 27 persen dari kendaraan penumpang. Ada kendaraan berat lainnya seperti truk barang dan pesawat terbang yang belum siap untuk elektrifikasi dan akan terus bergantung pada minyak.

Selain itu, perusahaan minyak melakukan diversifikasi untuk mengantisipasi kebangkitan EV. Baik BP dan Shell telah menetapkan tujuan untuk menjadi perusahaan net-zero pada tahun 2050. 

Perusahaan-perusahaan ini dan lainnya seperti mereka banyak berinvestasi dalam energi terbarukan dan infrastruktur pengisian daya EV. Namun meski permintaan minyak dari transportasi mengalami penurunan tajam, total permintaan minyak masih bisa terus tumbuh. 

Permintaan minyak terus meningkat dari industri, petrokimia, angkutan, dan penerbangan. Menurut juru bicara ExxonMobil Casey Norton, "Jika setiap mobil yang dijual pada tahun 2025 adalah EV... permintaan global untuk minyak dan gas akan sama seperti pada tahun 2010."

Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam peralihan dari bahan bakar fosil. Agar EV dapat diadopsi secara lebih luas, mereka harus menjadi lebih kompetitif. Ini membutuhkan lebih banyak keterjangkauan, kapasitas baterai yang lebih baik, dan infrastruktur pengisian daya yang diperluas. Tetapi bahkan dengan semua EV baru yang keluar, mereka tidak akan membunuh industri minyak dalam waktu dekat.

sumber : hotcars.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement