Rabu 07 Jun 2023 00:50 WIB

Mobil Listrik Tesla Model 3 Harganya Kini Lebih Murah dari Toyota Camry

Semua kendaraan Model 3 Tesla memenuhi syarat kredit pajak konsumen.

Tesla telah mulai mengirimkan Model 3 dan Model Y buatan China ke Kanada. Kendaraan Tesla Model 3 ditampilkan untuk dijual di fasilitas Tesla di Long Beach, California, AS, 22 Mei 2023.
Foto: Reuters
Tesla telah mulai mengirimkan Model 3 dan Model Y buatan China ke Kanada. Kendaraan Tesla Model 3 ditampilkan untuk dijual di fasilitas Tesla di Long Beach, California, AS, 22 Mei 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,SAN FRANCISCO  - Penyesuaian cepat rantai pasokan baterai Tesla Inc membuat semua kendaraan Model 3-nya memenuhi syarat untuk kredit federal Amerika Serikat. Dan bersamaan dengan itu keringanan pajak lainnya diperoleh Tesla yang membuat  harga Tesla Model 3 menjadi turun bahkan harganya kini menjadi di bawah Toyota Camry.

Pemerintahan Biden pada hari Selasa (6/6/2023) mengonfirmasi bahwa semua kendaraan Model 3 Tesla sekarang memenuhi syarat untuk kredit pajak konsumen kendaraan listrik senilai 7.500 dolar AS setelah dua versi memenuhi syarat untuk setengah kredit.

Baca Juga

Aturan sumber baterai baru mulai berlaku pada bulan April yang menurunkan kredit Model 3 Standard Range Rear Wheel Drive dan Long Range All-Wheel Drive menjadi 3.750 dolar AS. Tesla pekan  lalu di situs webnya mengatakan bahwa semua versi Model 3 kembali memenuhi syarat untuk kredit penuh. Pemerintah mengonfirmasi perubahan tersebut di situs web fueleconomy.gov.

Model 3 mulai dibanderol dari 40.240 dolar AS dan harganya bisa turun menjadi 25.240 dolar AS ketika kredit pajak federal sebesar 7.500 dolar AS dan 7.500 dolar AS lainnya dari rabat pajak California masuk, tergantung pada pendapatan dan persyaratan lainnya. Camry Toyota terdaftar dengan hargai 26.320 dolar AS dan lebih tinggi Tesla Model 3.

Analis mengatakan Tesla mungkin telah mengubah rantai pasokan baterainya untuk memenuhi persyaratan mineral baterai dan komponen baterai untuk subsidi federal.

“Tesla mungkin telah membatalkan CATL demi mendukung Panasonic untuk Model 3 Rear Wheel Drive buatan AS, versi termurah,” kata analis Benchmark Mineral Intelligence (BMI) Caspar Rawles.

Menurut dia, nilai subsidi jauh melebihi penghematan penggunaan sel berbasis besi yang lebih murah yang digunakan oleh CATL. "Kemungkinan besar itu adalah Panasonic, tetapi mungkin ada beberapa kekhawatiran seputar ketersediaan sel jika mereka perlu memasok cukup untuk semua Model 3 AS," katanya.

Tesla menggunakan sel baterai LFP CATL untuk Penggerak Roda Belakang Model 3 dan sel berbasis nikel dari pemasok tak dikenal untuk Model 3 Long Range, kata para analis.

Panasonic memiliki pabrik sel baterai di Nevada, memenuhi persyaratan federal untuk komponen baterai lokal. CATL dan pemasok lain seperti LG Energy Solution tidak memiliki pabrik untuk membuat sel Tesla di Amerika Serikat.

Ketika ditanya tentang Tesla dan apakah telah terjadi perubahan dalam pengaturan pasokannya ke Amerika Utara, CATL berkata, "Kemitraan strategis antara perusahaan dan pelanggan tidak berubah dan akan terus diperdalam dan ditingkatkan."

"Tesla mungkin telah beralih ke pembuatan paket baterai tersebut di AS sementara masih menggunakan sel China," kata analis Morgan Stanley, Adam Jonas.

Panasonic Holdings pada Selasa (6/6/2023) mengatakan berencana untuk memperluas produksi baterai kendaraan listrik di pabrik Nevada yang dioperasikan bersama dengan Tesla sebesar 10 persen dalam tiga tahun.

Pemasok Jepang pada bulan Mei mengatakan telah menunda jadwal peluncuran baterai 4680 yang diproduksi untuk Tesla dan mengindikasikan bahwa sel baterai 2170 yang ada akan memenuhi kebutuhan permintaan segera.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement