Kamis 08 Jun 2023 01:27 WIB

Volvo Luncurkan SUV Listrik Mungil Murah, Demi Saingi Tesla?

Harga Volvo EX30 sama dengan harga mobil mesin konvesional.

 Jim Rowan, President & Chief Executive Officer Volvo, berbicara dalam acara peluncuran kendaraan SUV listrik Volvo EX30 di Milan, Italia, Rabu (7/6/2023).
Foto: Reuters
Jim Rowan, President & Chief Executive Officer Volvo, berbicara dalam acara peluncuran kendaraan SUV listrik Volvo EX30 di Milan, Italia, Rabu (7/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,MILAN - Volvo Cars  meluncurkan SUV kecil listrik EX30 pada Rabu (7/6/2023) dengan dua opsi baterai dan harga mulai sekitar 36 ribu euro (38.500 dolar AS). Volvo bersaing dengan Tesla untuk membuat mobil listrik (EV) lebih terjangkau.

EX30 adalah SUV terkecil hingga saat ini dari pabrikan yang berbasis di Swedia dan mengikuti peluncuran EX90 listrik yang lebih besar pada bulan November.

Baca Juga

"Ini adalah SUV kecil yang diproduksi Volvo," kata CEO Jim Rowan saat acara peluncuran mobil di Milan, Italia, Rabu.

Harga awal dibandingkan dengan lebih dari 40.000 euro untuk Tesla Model 3, menempatkan Volvo EX30 termurah di antara model yang dikeluarkan Tesla. Tesla telah memangkas harga beberapa kali tahun ini untuk mencoba meningkatkan permintaan karena persaingan yang memanas di antara pembuat EV.

 

Namun Rowan mengatakan perusahaannya  tidak perlu mengikuti Tesla dalam pemotongan harga EV karena permintaan pasar sehat.

Volvo - yang menargetkan setengah dari volume penjualannya menjadi EV pada pertengahan dekade ini (tahun 2025) dan hanya menjual EV pada tahun 2030 - mengatakan EX30 adalah salah satu peluang bisnis terbesarnya di tahun-tahun mendatang.

photo
Volvo memprkenalkan SUV kecil listrik Volvo EX30 baru mereka selama acara di Milan, Italia, Rabu (7/6/2023). - (Reuters)

 

"Pelanggan mendapatkan SUV listrik sepenuhnya premium dengan harga yang sama dengan yang setara dengan mesin pembakaran," kata grup itu.

EX30 akan diproduksi di pabrik Zhangjiakou di China - yang dioperasikan oleh Geely, pemegang saham pengendali Volvo - dan akan dimulai nanti pada tahun 2023.

Model baru mulai Rabu tersedia untuk dipesan di beberapa pasar termasuk Eropa dengan pelanggan awal dapat mengharapkan pengiriman awal 2024.

Hasilnya, mobil tersebut akan dikirimkan lebih awal dari SUV EV-nya yang lebih besar, EX90, yang diluncurkan pada November tahun lalu. EX90 akan mulai berproduksi pada paruh pertama tahun 2024 karena penundaan produksi.

Volvo akan menawarkan dua jenis baterai, baterai 51 KWh LFP (lithium iron phosphate) yang lebih murah dan hemat sumber daya menawarkan jangkauan hingga 344 km. “Ditargetkan untuk konsumen yang sebagian besar bepergian di dalam kota atau jarak yang lebih pendek, membantu menjaga harga masuk mobil turun, kata Volvo.

Baterai 69 KWh NMC (nickel manganese cobalt) yang lebih efisien akan menawarkan pembeli EX30 jangkauan yang lebih jauh hingga 480 km. Dalam versi termahalnya, model baru ini akan dibandrol sekitar 52.000 euro.

photo
Sejumlah orang melihat SUV listrik Volvo EX30 saat acara acara peluncuran di Milan, Italia, Rabu (7/6/2023). - (Reuters)

 

Volvo mengatakan, berdasarkan data awal di dua pasar, total biaya kepemilikan untuk EX30 lebih rendah daripada mobil listrik sepenuhnya lainnya dan sebagian besar pesaing di segmen SUV kecil listrik.

SUV listrik dari merek premium Eropa seperti BMW (BMW), Mercedes (MBG), dan Audi saat ini berharga setidaknya 56.000 euro. Harga masuk EX30 sebanding dengan SUV kecil Avenger Jeep versi EV.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement