Rabu 07 Jun 2023 15:57 WIB

Ini yang Harus Dilakukan Petani Kopi untuk Survive dari Dampak El Nino

Produktivitas tanaman kopi berbanding lurus dengan kesejahteraan petani

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Puslitkoka bagikan rekomendasi untuk agar petani kopi selamat dari dampak buruk El Nino
Foto:

 1. Penyiraman pada areal yang memungkinkan 

Penyiraman tanaman kopi pada beberapa areal kebun yang memungkinkan untuk  dilakukan, akan menjadi solusi praktis yang bisa dilakukan oleh petani selama curah hujan di Indonesia menurun akibat El Nino.

2. Pemeliharaan penaung dan penambahan tanaman penaung 

Tidak memangkas penaung pada akhir musim hujan dan menambah jumlah penaung pada wilayah yang masih mendapatkan hujan. Tanaman penaung berfungsi salah satunya untuk menahan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Tanaman penaung akan menjaga tanaman kopi agar tidak terpapar cahaya matahari secara terus-menerus akibat kemarau panjang. Hindari pemangkasan tanaman penaung menjelang El Nino.

3. Pengendalian gulma menjelang musim kemarau

Selain untuk menyediakan tambahan nutrisi bagi tanaman kopi setelah gulmanya melapuk, pembersihan gulma akan mengurangi laju evapotranspirasi dari kebun kopi agar air tanah yang tersedia dapat digunakan secara optimal oleh tanaman kopi. Pada saat kemarau, konsumsi air tanah perlu difokuskan pada tanaman yang dibudidayakan. 

4. Aplikasi pupuk organik

Bahan organik dari pupuk organik dapat membantu mempertahankan kelembapan tanah dengan membentuk agregat tanah yang lebih stabil serta menambah nutrisi bagi tanaman pokok kopi. Hal ini secara tidak langsung akan membantu mengurangi penguapan air dari tanah selama musim kemarau. 

5. Aplikasi pupuk nitrogen lebih banyak pada akhir musim hujan Nitrogen akan meningkatkan resistensi tanaman kopi terhadap kekeringan. Pemberian pupuk nitrogen ekstra 25 persen lebih banyak dari dosis tahunan disarankan untuk dilakukan saat ini pada akhir musim hujan untuk persiapan menghadapi dampak  El Nino. 

6. Aplikasi mulsa lebih optimal 

Petani juga disarankan untuk mengoptimalkan pemberian mulsa (tebal 5-15 cm)  dengan semua bahan mulsa organik yang tersedia seperti serasah, jerami, dan bahan lainnya untuk memperlambat proses evaporasi air tanah. 

7. Pengendalian hama penggerek buah kopi secara manual 

Pengendalian hama penggerek buah kopi secara manual seperti petik bubuk yang  dilakukan menjelang awal panen dan lelesan dengan mengambil semua buah kopi  yang tersisa di pohon maupun yang jatuh ke tanah pada akhir musim panen perlu  dilakukan untuk mengurangi serangan pada musim panen berikutnya.

8. Penerapan pola budidaya agroforestri dan polikultur (multiple cropping) agroforestri seperti yang diimplementasikan oleh Perum Perhutani di berbagai wilayah ternyata memberikan banyak manfaat. Selain sebagai penaung, tanaman hutan juga  dapat menjaga persediaan air tanah yang dibutuhkan oleh tanaman yang dibudidayakan. Dampak El Nino tidak akan banyak dirasakan oleh petani area agroforestri.

9. Penggunaan varietas kopi unggul toleran kekeringan 

Pada jangka panjang, penggunaan varietas tanaman kopi yang unggul dan toleran  terhadap kekeringan perlu dilakukan oleh petani kopi di Indonesia keperluan perluasan areal/penanaman baru maupun replanting

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement