Rabu 07 Jun 2023 14:42 WIB

Menteri PUPR Tetap Lanjutkan Uji Coba MLFF di Tol Bali-Mandara

Proyek MLFF merupakan investasi murni dari Roatex, dan tidak menggunakan dana APBN.

Sejumlah mobil melintas di Jalan Tol Bali Mandara, Bali, Rabu (21/9/2022). PUPR menyebut uji coba transaksi nontunai nirsentuh tetap dilanjutkan.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Sejumlah mobil melintas di Jalan Tol Bali Mandara, Bali, Rabu (21/9/2022). PUPR menyebut uji coba transaksi nontunai nirsentuh tetap dilanjutkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa uji coba penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Tol Bali - Mandara tetap dilanjutkan. Proyek MLFF merupakan investasi murni dari Roatex, dan tidak menggunakan dana APBN.

"Ya lanjut terus, itu merupakan internal (Roatex) saja," ujar Basuki di sela-sela Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan memang belum mendapatkan laporan resmi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Namun sudah mendapatkan informasi bahwa yang terjadi saat ini hanya masalah internal Roatex sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF sehingga tidak berpengaruh terhadap proyek MLFF.

Berkaitan dengan rencana uji coba perdana MLFF, Basuki menyampaikan bahwa uji coba tersebut akan tetap diselenggarakan di Tol Bali - Mandara sesuai rencana.

 

Terkait rencana penerapan MLFF pada ruas-ruas tol lainnya, Basuki mengatakan hal tersebut akan diputuskan setelah melakukan evaluasi terhadap uji coba penerapan perdana MLFF di Tol Bali - Mandara. "Kita lihat nanti uji cobanya di Bali bagaimana," katanya.

Mengenai peraturan pemerintah (PP) yang berkaitan dengan pembayaran tarif tol dengan menggunakan metode MLFF, Basuki mengatakan PP tersebut dalam tahap penyusunan.

Sebelumnya, Kementerian PUPR mengungkapkan penerapan sistem MLFF tetap dilakukan sesuai rencana dalam koridor kerja sama bilateral Indonesia - Hongaria. Sistem transaksi nontunai berbasis MLFF ini menjadi salah satu inovasi baru melalui sistem pembayaran nirsentuh dengan menciptakan suatu efisiensi, efektifitas, aman, dan nyaman dalam penerapan sistem pembayaran Jalan Tol di Indonesia.

Kementerian PUPR melalui BPJT terus melakukan suatu inovasi dalam peningkatan pelayanan yang maksimal bagi pengendara di Jalan Tol melalui Transformasi, Inovasi, dan Modernisasi (TIM) yang mengacu pada Teknologi Toll Road 4.0. Dengan diberlakukan MLFF, ruas tol akan sepenuhnya menjadi jalan bebas hambatan atau tidak ada lagi pembatas di gerbang tol.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement