Jumat 02 Jun 2023 14:40 WIB

Mobil Listrik China Sekelas Rolls-Royce Mulai Dijual di AS, Ini Harganya

Perusahaan menjamin nilai jual kembali setidaknya 60 persen setelah 3 tahun.

FF 91 Futurist Alliance mulai dipasarkan di Amerika Serikat dan China.
Foto: Faraday Future
FF 91 Futurist Alliance mulai dipasarkan di Amerika Serikat dan China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen Mobil China Faraday Future didirikan oleh pendiri Leshi Holding, Jia Yueting, meluncurkan model produksi pertamanya pada Rabu (31/5/2023). Mobil itu sekarang tersedia di Amerika Serikat dan China.

“FF 91 2.0 Futurist Alliance, dengan harga jual 309.000 dolar AS, terbatas pada 300 unit secara global,” kata pembuat EV yang berbasis di California Amerika Serikat itu sebagaimana dilansir oleh Chinadaily.com, Kamis (1/6/2023). Dalam rupiah mobil tersebut dijual seharga Rp 4,6 miliar dengan kurs Rp 15.000 per dolar AS.

Baca Juga

Model ini memiliki performa terdepan di industri mobil listrik, termasuk output maksimum 1.050hp dan torsi puncak 1.977 Nm.

FF mengatakan, akan menjamin nilai jual kembali setidaknya 60 persen pada model tersebut setelah tiga tahun, sebagai bagian dari Rencana Keabadian AI TechLuxury Ultimate perusahaan.

 

FF 91 dibuat enam tahun lalu. FF mengumumkan dimulainya produksi FF 91 Futurist Alliance di pabriknya di California pada akhir Maret tahun ini.

CEO FF Chen Xuefeng berkata, "FF telah menghadapi banyak kendala, tetapi sebagai perintis dalam industri EV cerdas, FF telah bertahan."

Perusahaan juga meluncurkan produk ekosistem selulernya yang disebut "FF aiHypercar+", yang mencakup perangkat lunak, internet, layanan kendaraan, algoritme AI yang dipersonalisasi, dan bahkan versi perangkat keras khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna tertentu.

photo
Faraday Future 91 2.0 Futurist - (Faraday Future )

 

Awal tahun 2023, kendaraan produksi FF91 tiba di Shanghai untuk pengujian dan validasi, termasuk pengisian daya dan kompatibilitas infrastruktur serta aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak.

"Mulainya produksi FF 91 Futurist Alliance menandai langkah paling solid FF sebagai pengganggu peradaban otomotif ultra-mewah tradisional," kata pendiri Jia Yueting.

"Ini menunjukkan bahwa FF telah memasuki fase baru di bawah tata kelola dan pengoperasian dewan dan manajemen baru. Kami yakin FF akan segera mengembalikan nilainya ke pasar," kata Jia.

FF 91 Futurist Alliance menampilkan 1.050 tenaga kuda terdepan di industri, jangkauan lebih dari 600 km, dan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 2,3 detik.

FF mengadopsi model penjualan langsung, yang akan memungkinkan pelanggan untuk memesan secara online dan merasakan kendaraan FF di ruang pamer dan pusat pengalaman milik FF sendiri dan milik mitra.

FF mengatakan upaya penjualan awal tahun 2023 akan dimulai di wilayah Los Angeles diikuti oleh Wilayah Teluk San Francisco dan selanjutnya, wilayah New York. Di China, penjualan awalnya akan dimulai di Shanghai dan Beijing.

Farady Future telah menggariskan rencana pertumbuhan tiga fase, dimulai dari pasar "puncak menara" yang kini didominasi oleh merek-merek seperti Mercedes-Maybach,  Rolls-Royce, dan Bentley.

Dengan memperkenalkan lebih banyak model nanti, FF bertujuan untuk memantapkan dirinya sebagai pemain utama di pasar pengguna bernilai tinggi dan terus mengamankan posisi kepemimpinannya di pasar.

 

sumber : chinadaily.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement