Senin 29 May 2023 08:10 WIB

Biden Optimistis AS Bisa Lepas dari Gagal Bayar Utang

AS telah mencapai kesepakatan sementara terkait perpanjangan plafon utang.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joe Biden berbicara di Ruang Roosevelt Gedung Putih, Minggu, 28 Mei 2023, di Washington. Biden dan Ketua DPR Kevin McCarthy mencapai kesepakatan akhir pada hari Minggu tentang kesepakatan untuk menaikkan plafon utang negara sambil mencoba memastikan cukup suara dari Partai Republik dan Demokrat untuk meloloskan langkah tersebut dalam minggu mendatang.
Foto:

Perjanjian tersebut akan menangguhkan batas utang hingga Januari 2025 yang membatasi pengeluaran dalam anggaran 2024 dan 2025. Selain itu juga menarik kembali dana Covid-19 yang tidak terpakai, mempercepat proses perizinan untuk beberapa proyek energi, dan memasukkan persyaratan kerja tambahan untuk program bantuan makanan bagi orang Amerika yang miskin.

Partai Republik menguasai DPR dengan 222-213, sementara Demokrat menguasai Senat dengan 51-49. Margin yang sempit tersebut berarti bahwa kaum moderat dari kedua belah pihak harus mendukung RUU tersebut jika kompromi tersebut kehilangan dukungan dari sayap paling kiri dan sayap kanan dari masing-masing pihak.

Pemimpin Fraksi Demokrat di House of Representative Hakeem Jeffries mengharapkan dukungan Demokrat untuk kesepakatan tersebut. Demokrat progresif di kedua pihak mengatakan mereka tidak akan mendukung kesepakatan apa pun yang memiliki persyaratan kerja tambahan untuk program makanan dan kesehatan pemerintah. Sumber menyebutkan kesepakatan tersebut akan menambah persyaratan kerja untuk bantuan makanan bagi orang berusia 50 hingga 54 tahun.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement