Selasa 23 May 2023 22:03 WIB

AC Mobil tidak Berfungsi Baik? Berikut 9 Kiat Memperbaikinya

Ada cara untuk meningkatkan performa AC mobil Anda secara signifikan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
AC mobil perlu dirawat agar tidak mudah rusak/ilustrasi
Foto: sunfaxautorepair.com
AC mobil perlu dirawat agar tidak mudah rusak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Bepergian dengan mobil tanpa pendingin udara (AC) yang berfungsi dengan baik di musim panas bisa sangat menyiksa. AC tidak hanya membuat Anda tetap sejuk, tetapi juga membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan panas.

Untuk itu penting agar AC di mobil Anda berfungsi dengan baik. Berikut sembilan tips yang bisa meningkatkan performa AC mobil Anda secara signifikan seperti dilansir dari laman GadgetsNow, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga

1. Gunakan ventilasi untuk melepaskan panas yang terperangkap dari mobil

Disarankan untuk melepaskan panas yang terperangkap dari mobil sebelum menyalakan AC. Menggeser kaca mobil sebelum menyalakan AC membantu melepaskan panas yang terperangkap. Ini mengurangi suhu mobil dan membantu AC menjadi lebih cepat dingin.

 

 

2. Parkirkan mobil Anda di tempat teduh atau jauh dari sinar matahari langsung

Memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung meningkatkan suhu kabin dan ini mengurangi efisiensi AC. Untuk mencegah kepanasan dan memfasilitasi pendinginan yang lebih baik, disarankan untuk menjauhkan mobil Anda dari sinar matahari langsung atau memarkirnya di bawah naungan. Ini tidak hanya membantu menghindari penumpukan panas yang berlebihan tetapi juga memungkinkan AC mendinginkan mobil dengan lebih efisien.

 

3. Jaga kebersihan kondensor AC mobil

Kondensor pada AC berperan penting dalam mendinginkan kembali refrigeran dengan melepaskan kelebihan panas ke aliran udara di sekitarnya. Tapi, itu mungkin tersumbat oleh debu dan kotoran. Ini dapat memengaruhi efisiensi AC mobil Anda, menguranginya dari waktu ke waktu.

Menjaga kebersihan kondensor penting untuk meningkatkan efisiensi pendinginan AC mobil Anda. Ini juga merupakan ide bagus untuk memeriksanya setiap musim panas untuk mempertahankan kinerja yang optimal.

 

4. Gunakan mode resirkulasi

Setelah menyalakan AC mobil, alihkan ke mode resirkulasi untuk memastikan AC tidak menarik udara luar dan tetap mensirkulasi udara kabin untuk pendinginan yang lebih baik.

 

5. Servis AC mobil Anda secara rutin

AC tidak digunakan sepanjang tahun dan alat dapat berdebu dan tersentak saat tidak digunakan. Itu selalu ide yang baik untuk mendapatkan AC mobil Anda diservis secara teratur untuk memastikan kondisinya baik untuk kinerja pendinginan terbaik.

 

6. Cegah udara dingin keluar dari kabin

Seperti halnya kinerja AC apa pun, Anda perlu memastikan bahwa semua jendela pintu digulung sepenuhnya. Ini memastikan semua udara dingin terperangkap di dalam kabin agar mobil menjadi dingin dengan cepat dan tetap demikian.

 

7. Bersihkan filter AC

Filter udara yang tersumbat di sistem AC mobil Anda dapat mengurangi efektivitas pendinginan secara signifikan. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar juga. Untuk menghindari masalah tersebut, disarankan untuk membersihkan filter AC mobil Anda secara rutin.

 

8. Jalankan AC mobil pada suhu optimal

Efisiensi pendinginan AC mobil yang terbaik bukanlah saat dijalankan pada pengaturan maksimumnya. Menjalankannya pada suhu dan kecepatan optimal memastikan efisiensi pendinginan yang lebih baik. Sesuai Biro Efisiensi Energi (BEE), 24 derajat adalah suhu ideal untuk tubuh manusia dan AC apa pun akan membutuhkan lebih sedikit beban untuk mencapai target tersebut dibandingkan dengan pengaturan suhu terendah.

 

9. Gunakan mode otomatis

Jika Anda memiliki mobil yang memiliki pengatur suhu otomatis, gunakan AC mobil dalam mode otomatis. Hal ini memastikan bahwa mobil tetap mempertahankan pengaturan suhu, kecepatan kipas secara otomatis untuk mencapai pendinginan yang lebih baik. Juga, mematikan kompresor AC ketika suhu yang disetel terpenuhi untuk menghemat bahan bakar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement