Senin 22 May 2023 15:54 WIB

Indonesia-Cina Expo Dukung Target 100 Smart Cities di Tanah Air 

Kesuksesan Cina membangun smart city dapat jadi acuan bagi Indonesia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi smart city. Indonesia-Cina Smart City Technology and Investment Expo 2023 akan digelar di Shangri-La Hotel, Jakarta, pada 24-26 Mei 2023.
Foto:

Lorreta mengatakan event ini akan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (24/5/2023). Acara hari pertama meliputi forum bertajuk "Investasi Smart City: Peran Pemerintah dan Kesempatan bagi Sektor Bisnis", MoU Guangdong Hi-Tech Chamber dengan Perhimpunan INTI untuk pengembangan program pertukaran teknologi dan investasi, forum bertema "Konsep Smart and Sustainable Forest City Ibu Kota Nusantara 

(IKN) dan Investasi Multisektor Indonesia-Cina, Gala dinner dengan sejumlah pejabat tinggi dari Guangdong, Beijing, Guangxi dan Shanghai, pemerintah daerah Indonesia dan para pengusaha serta investor dari Cina, Malaysia dan Indonesia.

Hari kedua pada Kamis (25/5/2023) berisikan sejumlah acara seperti forum bertajuk “Pengembangan Infrastruktur Baru Indonesia-Cina Smart City dan Peran Ekonomi Digital dalam Memberdayakan Transformasi dan Upgrade Industri, MoU Big Data Development Bureau of Guangxi Autonomous Region dengan 

Perhimpunan INTI untuk program pelatihan ekonomi digital di Guangxi, forum sinergi hubungan Indonesia-Cina dan perkembangan Islam via Jalur sutera, MoU Kodipest (Konten Digital Pesantren) dengan Voice of Istiqlal untuk Pelatihan Keterampilan Konten Digital untuk Roadshow ke 1000 Pesantren, dan sumbangan ke Pesantren Yatim As-Syafi’iyah.

Acara hari ketiga pada Jumat (26/5/2023) meliputi forum bertema “Sustainable Development Goals Smart City di Indonesia”, MOU Leo-King Enviro Group dengan PT Adhi Industri untuk Project “Biological Technology Material Industrial Park and Digital Waste Incineration Power Plant senilai Rp 4,3 triliun, forum bertajuk 'Pertukaran Pemerintah Cerdas serta Presentasi dan Capaian Inovasi Pengelolaan Perkotaan Daerah'.

Lorreta mengatakan acara ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian BUMN, People’s Government of Guangdong Province, China Industrial Control Systems Cyber Emergency Response Team, Guangdong High Technology Industry Business Association, China Unicom International, dan ASN Commerce (MATRADE), Malaysia.

Lorreta mengatakan event ini akan dihadiri Duta Besar Republik Indonesia untuk Cina, Duta Besar Cina untuk ASEAN dan Duta Besar Cina untuk m Indonesia, 40 Raksasa Teknologi Smart City dari Cina, 50 Pengusaha dan Investor dari Cina, dan 50 perwakilan Pemerintah Daerah Indonesia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement