Senin 22 May 2023 15:16 WIB

BPS Catat AS Jadi Negara Tujuan Ekspor Terbesar dari Jabar pada 2022

Barang terbanyak yang diekspor di antaranya ban, pakaian, alas kaki, dan printer.

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat Amerika Serikat (AS) jadi negara tujuan ekspor terbesar dari provinsi tersebut dengan nilai ekspor mencapai 7,46 miliar dolar AS pada tahun 2022.
Foto:

Kemudian negara ketiga tujuan ekspor terbesar dari Jawa Barat yakni Filipina dengan nilai ekspor sebesar 2,88 miliar dolar AS pada tahun 2022. Yang paling tinggi, menurutnya barang yang diekspor ke Filipina, yakni mobil dengan nilai ekspor sebesar 1,2 miliar dolar AS.

Sementara itu, Thailand menjadi negara kedua terbesar setelah Filipina yang mengimpor mobil dari Jawa Barat yang memiliki nilai ekspor sebesar 389 juta dolar AS. Namun, dari seluruh ekspor pada tahun 2022, nilai ekspor dari Jawa Barat ke Thailand, yakni sebesar 2,3 miliar dolar AS.

Sementara untuk impor tahun 2022, Marsudjiono mengatakan Jawa Barat paling banyak mengimpor barang-barang dari negara Tiongkok. Kemudian disusul oleh Korea Selatan dan Jepang.

 

Untuk China, Jawa Barat memiliki nilai impor sebesar 3,98 miliar dolar AS. Kemudian Korea Selatan sebesar 1,91 miliar dolar AS dan Jepang sebesar 1,65 dolar AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement