Senin 15 May 2023 01:35 WIB

Perjalanan Hotel Meruorah yang Jadi Venue Utama Ajang KTT ASEAN

Hotel Meruorah dimiliki ASDP dan PTPP serta dikelola Hotel Indonesia Group

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti saat peresmian Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo, di Nusa Tenggara Timur. Hotel Meruorah di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur merupakan venue utama penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42. Hotel ini dimiliki IFPRO, anak usaha gabungan dua BUMN yakni PT ASDP Indonesia Ferry (persero) PT PP (persero) Tbk. Sementara pengelola hotel yakni Hotel Indonesia Group.
Foto:

Dampak ekonomi 

Kehadiran Hotel Meruorah diharapkan membawa dampak signifikan terhadap perekonomian di Labuan Bajo. Apalagi, masa tinggal (length of stay) wisatawan di Labuan Bajo terus meningkat dari rata-rata hanya 1,7 hari. 

Hal itu berkontribusi positif meningkatkan perekonomian. Pengeluaran wisatawan selama di Labuan Bajo, turut mendongkrak devisa serta meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. 

Selain itu, Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo ini hampir lengkap, sudah ada area komersial dengan berbagai ritel menarik, hotel bintang lima, dermaga ferry dan nantinya akan ada yacht marina. 

"ASDP berupaya menciptakan destinasi wisata baru dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata Tanah Air. Kami berharap, masyarakat atau turis yang datang ke pelabuhan ASDP, tidak hanya untuk menyeberang saja. Tetapi juga mendapatkan experience lebih dengan berbagai fasilitas yang ada," ujar Ira. 

"Pengembangan kawasan wisata Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi bukti kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah. Saat ini perlu adanya kehadiran ‘Bali Baru’ dalam mengakomodasi peningkatan pertumbuhan sektor pariwisata,” lanjutnya. 

Ira melanjutkan, salah satu keunggulan utama hotel ini yakni multi function room yang berkapasitas seribu orang dengan view atau pemandangan terbuka menghadap laut, bukit, dan lalu lalang pinisi klasik. 

Selain KTT ASEAN ke-42 pada 2023, ada beberapa event internasional yang sudah menggunakan Meruorah sebagai venue utama antara lain International Association Women Police pada 2021 dan enam site event G20 setingkat menteri yakni Asia International Week Water (AIWW), 1st TWG Meeting, SAI20, 2nd ETWG Meeting, 2rd Sherpa Meeting, dan 3rd DEWG Meeting pada 2022. 

Bagi ASDP, lanjut Ira, pelaksanaan KTT di Meruorah merupaka  penghargaan yang berarti, tidak hanya bagi Hotel Meruorah, tetapi juga bagi perjalanan transformasi ASDP dalam lima tahun terakhir.

ASDP yang tidak hanya menjadi entitas BUMN penghasil pundi, tetapi sebagai agen pembangunan. Transformasi fisik dari pelabuhan yang menyeluruh menjadi kawasan wisata terintegrasi adalah sumbangsih bagi negara dan masyarakat yang lebih sejahtera. 

 

"Cerita Meruorah tentang wilayah yang dulunya kumuh, naik kelas menjadi venue kelas dunia. Adalah mimpi, tekad dan kerja keras yang dapat mewujudkannya," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement