Rabu 10 May 2023 08:35 WIB

Menhub: Pengaturan Penerbangan VVIP-Reguler di Bandara Komodo Lancar

Menhub sebut ada 12 pesawat tamu VVIP dan VIP mendarat di Bandara Komodo hari ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pengaturan penerbangan VVIP dan reguler berjalan lancar saat puncak kedatangan tamu KTT ke-42 ASEAN di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5).
Foto: dok istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah), Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pengaturan penerbangan VVIP dan reguler berjalan lancar saat puncak kedatangan tamu KTT ke-42 ASEAN di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pengaturan penerbangan VVIP dan reguler berjalan lancar saat puncak kedatangan tamu KTT ke-42 ASEAN di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5).

"Alhamdulillah, secara umum pengaturan penerbangan dilakukan dengan baik sehingga pergerakan pesawat VVIP, VIP, dan reguler dapat berjalan dengan lancar," kata Menhub melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Berdasarkan data Direktorat Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Selasa, (9/5), mulai siang hingga malam hari, dilaporkan terdapat sebanyak 12 pesawat tamu VVIP dan VIP mendarat di Bandara Komodo.

Tujuh pesawat membawa tamu VVIP yang mendarat, yakni Perdana Menteri Kamboja Samdech Akka Moha Sena Padei Techo Hun Sen yang tiba pukul 13.20 WITA, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh pukul 14.20 WITA, Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Bin Ibrahim pukul 15.35 WITA, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone pukul 16.10 WITA, Presiden Filipina Ferdinand R. Marcospukul 16.50 WITA, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loongpukul 18.00 WITA.

 

Lima pesawat membawa tamu VIP yang mendarat, yaitu Menteri Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kamboja dan Sekretaris Kesejahteraan Sosial dan Pengembangan Filipina menggunakan pesawat reguler tiba pukul 12.55 WITA.

Kemudian, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Tengku Zafrul bin Abd Aziz pukul 15.37 WITA, Menteri Pilar Sosial Vietnam Nguyen Ba Hoan dengan penerbangan reguler pukul 16.40 WITA, dan Deputi Menteri Kementerian Investasi dan Kerja Sama Ekonomi Luar Negeri Myanmar dengan penerbangan reguler pukul 18.35 WITA.

Para tamu negara disambut dengan tari-tarian tradisional Provinsi NTT. Sejumlah menteri turut menyambut kedatangan para tamu VVIP, termasuk Menhub yang menyambut kedatangan Perdana Menteri Malaysia, Perdana Menteri Laos, dan Presiden Filipina.

Selain pesawat VVIP dan VIP, sembilan penerbangan reguler juga mendarat dan terlayani dengan baik, di antaranya Batik Air rute Denpasar-Labuan Bajo pada pukul 09.17 WITA, Lion Air rute Surabaya-Labuan Bajo pukul 09.38 WITA, Wings Air rute Bajawa-Labuan Bajo pukul 11.27 WITA, Citilink rute Jakarta-Labuan Bajo pukul 11.12 WITA, Batik Air rute Denpasar-Labuan Bajo pukul 12.45 WITA.

Berikutnya, Batik Air rute Jakarta-Labuan Bajo pukul 15.12 WITA, Batik Air rute Denpasar-Labuan Bajo pukul 17.18 WITA, Garuda Indonesia rute Jakarta-Labuan Bajo pukul 18.35 WITA, dan Air Asia rute Jakarta-Labuan Bajo pukul 19.14 WITA.

Sebelumnya, untuk menjamin pemenuhan aspek keselamatan, keamanan, dan kelancaran lima jenis penerbangan, yakni VVIP, militer, charter, private maupun penerbangan reguler, Kemenhub juga telah melakukan sejumlah pengaturan untuk menyeimbangkan pergerakan lima jenis penerbangan tersebut.

Selama kegiatan KTT ASEAN berlangsung, Kemenhub tidak menutup akses penerbangan reguler dari dan ke Labuan Bajo. Operasional bandara dibuka 24 jam dan diberikan slot bagi maskapai untuk melakukan penambahan atau extra flight.

Pengaturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 6 Tahun 2023 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN 2023 di Bandara Komodo, Labuan Bajo, yang telah diterbitkan pada 18 April 2023 dan mulai berlaku pada 7 sampai dengan 13 Mei 2023.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement