Jumat 05 May 2023 11:49 WIB

BUMN Harus Sehat Agar Mampu Muliakan Pensiunan Seperti PTPN II

Baru dalam tiga tahun terakhir ini, PTPN berhasil disehatkan kembali kinerjanya.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Baru dalam tiga tahun terakhir ini, PTPN berhasil disehatkan kembali kinerjanya.
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Baru dalam tiga tahun terakhir ini, PTPN berhasil disehatkan kembali kinerjanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjalanan sebuah perusahaan, termasuk badan usaha milik negara (BUMN), tidak terlepas dari jasa para pegawainya yang kini sudah memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, sangat wajar jika perusahaan memuliakan para pensiunannya, terutama para pensiun yang dulunya hanya sebagai staf.

"Jadi jangan habis manis sepah dibuang. Ini harus menjadi ikhtiar bersama, agar semua BUMN dapat memuliakan dan memberikan kesejahteraan kepada para pensiunannya Terutama pensiunan yang ada di level staf. Ini harus benar-benar dijaga oleh seluruh BUMN," ujar Direktur Center of Economic and Law Studies, Bhima Yudhistira di Jakarta, Jumat (5/5/2023).

Baca Juga

Bhima mengungkapkan, hal tersebut untuk menanggapi pencapaian PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II yang sukses membayarkan Santunan Hari Tua bagi para pensiunannya sebesar Rp 410 milliar. Sebelumnya hal ini adalah masalah berlarut-larut selama 10 tahun dan tidak terselesaikan. 

Baru dalam tiga tahun terakhir ini, PTPN berhasil disehatkan kembali kinerjanya. Dengan sehatnya kinerja perusahaan tersebut, maka PTPN II pun berhasil memenuhi kewajibannya membayarkan hak santuan hari tua para pensiunannya. Demikian diungkapkan oleh Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury kemarin.

Menurut Bhima, kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajibannya membayar hak - hak para pensiunan adalah sangat bergantung pada berapa laba yang dihasilkan perusahaan dalam satu tahun. 

"Nah banyak BUMN yang masih merugi. Sementara BUMN yang mampu memberikan santunan, pendapatannya memang bagus, ada kenaikan laba. Nah itu berarti ada kelebihan yang bisa diberikan kepada (para pensiunannya dalam bentuk) santunan hari tua," ujarnya. 

Jadi, menurut Bhima, BUMN harus berjuang memampukan diri agar dapat membayar kewajibannya kepada para pensiunan, caranya dengan memperkuat dan menyehatkan kinerja keuangannya. 

Kemudian, setelah  perolehan labanya  meningkat, Bhima mengingatkan, harus ada kepedulian dari sisi manajerial bahwa mereka  yang dulu pernah berjasa di BUMN, berhak mendapatkan santunan. 

"Jadi harapannya yang dilakukan PTPN 2 ini bisa menginspirasi kepada BUMN yang lain. Ada semacam tanggung jawab moral, atau hadiah yang bisa diberikan kepada pensiunannya. Dan (ada kesadaran bahwa) pensiunannya itu juga dulu berkontribusi pada pendapatan dan kinerja BUMN," kata Bhima.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement