Jumat 05 May 2023 08:33 WIB

Jumlah Penumpang Naik, KAI Perpanjang Keberangkatan Kereta Tambahan Hingga 7 Mei

Jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai 24 April 2023.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Lida Puspaningtyas
Petugas memeriksa tiket penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, Senin (24/4/2023). PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang masa keberangkatan kereta api tambahan untuk KA Jarak Jauh hingga 7 Mei 2023 dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Petugas memeriksa tiket penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, Senin (24/4/2023). PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang masa keberangkatan kereta api tambahan untuk KA Jarak Jauh hingga 7 Mei 2023 dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperpanjang masa keberangkatan kereta api tambahan untuk KA Jarak Jauh hingga 7 Mei 2023 dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Perpanjangan itu merespons jumlah penumpang pada periode Lebaran kali ini yang naik signifikan.

KAI mencatat volume penumpang KA Jarak Jauh selama masa angkutan lebaran 2023 secara total meningkat hingga 20 persen dari Lebaran tahun 2022 lalu. Jumlah tersebut juga hampir mendekati jumlah volume penumpang di masa sebelum pandemi.

Baca Juga

Kepala Humas KAI Daop I, Eva Chairunisa, menuturkan, sebelumnya pada masa angkutan lebaran 2023 mulai 12 April hingga 3 Mei telah 1.513 perjalanan KA Jarak Jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 303 KA untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang.

 

Secara total pada masa Angkutan Lebaran 2023 sejak 12 April sampai dengan 4 Mei 2023 sudah terdapat sekitar 780 ribu penumpang KAJJ yang berangkat dari Area Daop 1 Jakarta melalui Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

"Dari jumlah 780 ribu penumpang berangkat tersebut, 480 ribu penumpang di antaranya menggunakan KA dengan keberangkatan awal dari stasiun Pasar Senen dan 300 ribu lain nya penumpang berangkat menggunakan KAJJ keberangkatan awal dari Stasiun Gambir," kata Eva, dalam keterangannya, Jumat (5/5/2023).

Selama masa angkutan lebaran mayoritas pemesanan tiket KA Jarak Jauh dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai 24 April 2023.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 18 sampai 23 April dimana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai 100 persen.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

"Selain melakukan persiapan melalui penambahan perjalanan KA serta memastikan keandalan sarana yang beroperasi, Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di Stasiun seperti kursi tunggu, meja pemeriksaan tiket, penyediaan air minum isi ulang hingga area bermain anak," kata dia.

Eva mengatakan, sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan seperti Customer Service Mobile (CSM) yang disiapkan untuk membantu calon penumpang yang membutuhkan informasi serta mengatur alur penumpang agar tidak terjadi kepadatan di satu titik tertentu.

Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement