Kamis 04 May 2023 01:05 WIB

VW akan Menambah Tiga SUV Listrik Baru 

VW mempercepat rencana transisi mobil listrik

VW Tiguan listrik.
Foto: Arenaev.com
VW Tiguan listrik.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Volkswagen (VW) mempercepat rencana transisi mobil listrik (EV)-nya dan memperluas keluarga ID mobil listriknya. Perusahaan berencana untuk menambahkan 3 SUV listrik baru ke jajaran saat ini dan pada saat yang sama, model yang ada akan mendapatkan powertrain yang lebih bertenaga dan mulai tahun depan - facelift dengan interior yang diperbarui.

 

Baca Juga

Yang pertama dari tiga model baru akan menjadi ekuivalen listrik dari VW Tiguan yang sangat populer. Meskipun sebagian besar akan didasarkan pada VW ID.4, ini tidak akan terlihat seperti keluarga ID, ini akan menjadi SUV yang terlihat lebih tradisional. Perusahaan ingin menarik pembeli VW saat ini dengan persyaratan yang lebih tradisional.

 

 

Mobil tersebut akan ditawarkan dalam pengaturan RWD dan AWD dan akan tersedia sebagai 5-seater dan 7-seater juga. Platform MEB+ yang diperbarui akan memberikan dasar untuk powertrain baru dan - semoga - opsi baterai yang lebih baik dan lebih besar. Saat itulah teknologi sel baterai terpadu yang baru ikut berperan. VW berencana untuk meluncurkannya sekitar tahun 2025 dan saat itulah kita akan melihat SUV baru.

 

Rencana untuk Tiguan listrik sangat maju, perusahaan sudah memastikan akan diproduksi bersama ID.3 yang diperbarui di Jerman. Pabrik Wolfsburg berada di tengah peningkatan investasi 460 juta euro dan akan siap untuk peluncuran produksi 2025.

 

Setelah Tiguan listrik mulai dijual, VW akan fokus pada penjualan terlaris lainnya. T-Cross akan mendapatkan perombakan EV dan akan diperkenalkan bersama Skoda SUV termurah dan Cupra Urban Rebel. Mobil tersebut sebagian besar akan didasarkan pada ID.2all Volkswagen yang baru saja diumumkan dan akan menjadi SUV listrik termurah yang tersedia dari VW. Untuk menandakan koneksi ID.2all-nya, crossover entry-level baru akan disebut ID.2X menurut sumber.

 

SUV calon crossover, ID.2X hanya akan memiliki satu motor listrik yang menggerakkan roda depan. IT akan menggunakan teknologi baterai sel terpadu yang baru juga dan di atas itu, ia akan menggunakan bahan kimia LFP untuk menjaga harganya tetap terjangkau. ID.2X akan diproduksi di pabrik baru di Barcelona bersama saudara kandungnya dari Skoda dan Cupra dan akan memiliki pilihan baterai 38 kWh atau 56 kWh dengan daya tahan baterai setidaknya 280 mil (450 km).

 

Model baru terakhir yang bergabung dengan jajaran EV yang direvisi akan menjadi crossover premium yang ingin dilihat VW sebagai pameran teknologi untuk drivetrain baru. Perusahaan merasa berani dan ingin mobil baru ini juga mewakili kemampuan desain perangkat lunak VW.

 

Crossover premium akan sedikit lebih kecil dari Touareg dan akan diluncurkan pada 2028. Berbeda dengan keluarga ID lainnya, anggota premium ini akan didasarkan pada platform SSP, platform yang sama yang digunakan oleh Porsche untuk  produknya mendatang. Itu menunjukkan bahwa kedua kendaraan akan memiliki lebih banyak kesamaan dan kita dapat mengharapkan VW listrik yang berorientasi pada kinerja.

 

Perusahaan belum memberikan angka daya apa pun, tetapi EV baru akan menggunakan arsitektur 800V dan tampaknya akan mampu mengisi daya dengan cepat melebihi 350 kW. Akan ada dukungan dua arah juga dan tentu saja, teknologi sel prismatik baru akan mendukung sel baterai LFP dan NMC. Kendaraan itu rupanya dikembangkan dari proyek Trinity dan mungkin menggunakan nama itu.

 

Ambisinya tinggi untuk Trinity SUV (atau crossover) - VW menginginkannya memiliki jangkauan 435 mil (700 km) dan menawarkan mengemudi otonom Level 4. Perangkat lunak akan datang dari Cariad i. Sumber dari VW mengklaim SUV crossover baru ini berpotensi menggantikan ID.6 khusus China dan menjadi model global.

 

VW ID.6 telah dijual di China sejak 2021 dan merupakan SUV listrik terbesar dari Volkswagen yang dijual - dengan panjang hampir 4,9 meter hanya 5 cm lebih pendek dari ID.7 dan dengan tenaga 302 hp, ini adalah SUV listrik paling bertenaga dari merek.

 

Arenaev.com

 

sumber : Arenaev.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement