Rabu 03 May 2023 22:59 WIB

Erick Thohir Dorong BUMN Kembangkan Labuan Bajo Jadi The Next Bali

Kementerian BUMN melirik Tana Mori untuk dikembangkan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Menteri BUMN Erick Thohir meyakini bahwa kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur bisa menjadi kawasan yang setara dengan Bali.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Menteri BUMN Erick Thohir meyakini bahwa kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur bisa menjadi kawasan yang setara dengan Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir meyakini bahwa kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur bisa menjadi kawasan yang setara dengan Bali. 

Oleh karena itu, Erick tengah mereviu peran BUMN dalam mengembangkan kawasan wisata tersebut, termasuk peran BUMN Karya dan pariwisata. "Saya punya keyakinan, Labuan Bajo ini akan jadi The Next Bali. Pak (Presiden) Joko Widodo juga pasti ada pertimbangan mengapa memilih Labuan Bajo untuk Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN nanti," ujar Erick dalam Ramah Tamah Bersama Media di Jakarta, Rabu (3/5/2023). 

Baca Juga

Erick menekankan pada penugasan yang telah diberikan kepada Kementerian BUMN untuk mengembangkan satu kawasan di Labuan Bajo sebagai titik pariwisata potensial, yaitu Tana Mori. Untuk mempertajam pengembangan Tana Mori tersebut, Kementerian BUMN bersama BUMN terkait tengah melakukan reviu.

Reviu dilakukan untuk melihat kembali rencana pengembangannya. Ini perlu karena mengembangkan suatu kawasan pariwisata yang baik diperlukan kajian atas lahan yang cukup luas.

"Jadi Tana Mori sedang kami reviu agar seperti Nusa Dua (Bali)," ucap Erick.

Lebih jauh, Erick menegaskan bahwa pengembangan Labuan Bajo, termasuk Tanah Mori, perlu memperhatikan tiga hal. Pertama, potensi wisatanya, Kedua, infrastrukturnya. Ketiga, peran masyarakatnya.

Ketiga hal tersebut harus dipenuhi dengan sinergi antara Pemerintah pusat, pemerintah daerah (Pemda), BUMN hingga pihak swasta. "Perlu Pemda dan swasta untuk memberikan training kepada masyarakat agar siap. Lalu, BUMN turut membantu membangun kawasan terpadu. Karena Labuan Bajo sebagai The  Next Bali. Sudah terlihat, pelabuhan telah dibuka, dan bandara terus ditingkatkan," kata Erick.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement