Rabu 03 May 2023 11:29 WIB

Intip Kesiapan Hotel Meruorah Komodo Labuan, Venue Utama KTT ASEAN Ke-42 

Hotel Meruorah siap memberikan pelayanan terbaik untuk KTT ASEAN.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti saat peresmian Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo, di Nusa Tenggara Timur, Kamis (14/10). Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan pada 9-11 Mei mendatang akan menjadi sejarah baru bagi Indonesia
Foto: Dok PT PP
Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti saat peresmian Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo, di Nusa Tenggara Timur, Kamis (14/10). Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan pada 9-11 Mei mendatang akan menjadi sejarah baru bagi Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan pada 9-11 Mei mendatang akan menjadi sejarah baru bagi Indonesia, setelah sukses menghelat G20 pada November 2022 di pulau Bali, kini giliran Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menjadi tempat pelaksanaan pertemuan para pemimpin negara tingkat ASEAN. Menjelang penyelenggaraan perhelatan tersebut, berbagai persiapan dilakukan untuk mendukung kesuksesan KTT Asean ke-42, diantaranya memastikan kesiapan hotel.

Dari seluruh rangkaian pertemuan yang akan digelar, Hotel Meruorah Labuan Bajo akan menjadi venue utama KTT ASEAN 2023 untuk kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) serta akomodasi bagi para delegasi. Hotel megah yang dibangun di lokasi strategis sekitar Kawasan Marina Terpadu Labuan Bajo ini menyuguhkan pemandangan kapal phinisi, bukit alam, laut yang indah dan mempesona. Hotel ini memiliki 145 kamar dengan fasilitas lengkap, seperti convention center berkapasitas 1.000 orang dengan pemandangan yang indah, area komersial Plaza Marina Labuan Bajo, restaurant, dan berbagai pilihan ruang pertemuan.

Baca Juga

"Hotel Meruorah Labuan Bajo merupakan hotel milik BUMN dan dikelola oleh Operator Hotel milik BUMN yaitu Hotel Indonesia Natour (HIN) melalui PT Hotel Indonesia Group (HIG)," ujar Direktur Utama HIN Christine Hutabarat dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Terkait persiapan menyambut perhelatan internasional ini, Christine menyampaikan, HIN melalui HIG telah mempersiapkan berbagai strategi khusus memastikan kesiapan hotel agar memenuhi standar dan memberikan pelayanan terbaik bagi delegasi KTT ASEAN.

 

"HIN bersama dengan HIG terus memastikan kesiapan operasional hotel termasuk didalamnya SDM, pada pelaksanaan nanti akan terdapat beberapa persiapan khusus seperti penggunaan uniform baru yang mengangkat budaya dan keunikan lokal Labuan Bajo," lanjut dia.

Selain itu, berbagai menu makanan dan minuman juga akan disajikan khusus dengan melibatkan berbagai pihak berpengalaman, sejumlah UMKM lokal, pemasok kebutuhan bahan baku makanan yang teruji higienis dan professional.

Christine mengatakan kamar hotel untuk para delegasi juga disiapkan khusus dengan menggunakan produk lokal, di antaranya amenities ekslusif yang diproduksi pelaku usaha lokal. Di setiap kamarpun bisa ditemukan kain tenun khas NTT, ornamen rotan, dengan dilengkapi bunga segar dan mini bar, sehingga delegasi yang menginap mendapatkan pengalaman unik bernuansa Indonesian Hospitality dan kenyamanan. 

"Dari sisi SDM, HIG selaku operator hotel telah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) profesional, baik dari internal maupun eksternal di Hotel Meruorah untuk melayani delegasi KTT ASEAN. Selain itu, berbagai program SDM khusus telah diimplementasikan guna mendukung kesuksesan kegiatan KTT ASEAN," ucap Christine.

Christine menyampaikan manajemen dan pihak hotel juga telah berkolaborasi bersama stakeholder setempat, mengimbau nelayan mengimplementasikan rekayasa rute selama KTT Asean berlangsung untuk mendukung kelancaran perhelatan internasional ini. 

Christine juga menyampaikan hal ini merupakan kesempatan berharga bagi Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo dipilih sebagai venue utama KTT ASEAN 2023.

"Kami berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik dan mendukung kesuksesan penyelenggaraan KTT Asean ke-42," kata Christine.

HIN merupakan salah satu member InJourney Group, dengan dukungan mega ekosistem di dalam InJourney, dan dukungan para pelaku Pariwisata nasional dan lokal; khususnya di sekitar Labuan Bajo dapat menguatkan peran dan komitmen HIN untuk turut mensukseskan KTT ASEAN 2023.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement