Selasa 02 May 2023 13:57 WIB

Plafon Utang Belum Jelas, Yellen: Kas AS Bisa Habis

Default juga dapat membuat AS menuju resesi dan meningkatkan pengangguran.

 Menteri Keuangan AS Janet Yellen. Yellen memperingatkan, kas AS mungkin habis pada 1 Juni jika Kongres tidak menaikkan atau menangguhkan plafon utang.
Foto: EPA-EFE/JIM LO SCALZO
Menteri Keuangan AS Janet Yellen. Yellen memperingatkan, kas AS mungkin habis pada 1 Juni jika Kongres tidak menaikkan atau menangguhkan plafon utang.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen memperingatkan, kas AS mungkin habis pada 1 Juni jika Kongres tidak menaikkan atau menangguhkan plafon utang. Mencapai pagu utang berarti Pemerintah AS tidak dapat meminjam uang lagi.

Pada Senin (1/5/2023), Yellen mendesak Kongres untuk bertindak sesegera mungkin untuk mengatasi batas utang 31,4 triliun dolar AS. Presiden Joe Biden telah mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Kongres tentang masalah ini pada 9 Mei, dilansir BBC, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga

Plafon utang telah dinaikkan, diperpanjang atau direvisi sebanyak 78 kali sejak 1960. Dalam hal ini, Partai Republik menuntut pemotongan pengeluaran yang drastis dan mengembalikan beberapa aspek agenda Presiden Biden - termasuk program pengampunan pinjaman mahasiswa dan kredit pajak energi hijau - sebagai imbalan atas pemungutan suara untuk menaikkan plafon utang.

Hal ini, pada gilirannya, telah memicu keberatan dari Demokrat di Senat dan dari Biden, yang mengatakan pekan lalu bahwa masalah tersebut tidak dapat dinegosiasikan. Biden, mendapat tekanan lebih besar dari kelompok bisnis termasuk Kamar Kongres AS untuk membahas proposal Partai Republik. Gagal bayar yang akan menjadi yang pertama dalam sejarah AS dapat menjungkirbalikkan pasar keuangan global dan menghancurkan kepercayaan di AS sebagai mitra bisnis global.

Para ahli telah memperingatkan default juga dapat membuat AS menuju resesi dan menyebabkan meningkatnya pengangguran. Ini juga berarti bahwa AS tidak akan dapat meminjam uang untuk membayar gaji pegawai pemerintah dan personel militer, pemeriksaan jaminan sosial atau untuk kewajiban lain, seperti pembayaran kontraktor pertahanan. Bahkan prakiraan cuaca pada akhirnya dapat terpengaruh, karena banyak yang bergantung pada data dari Layanan Cuaca Nasional yang didanai pemerintah federal. 

Dalam sebuah surat kepada anggota Kongres pada Selasa (2/5/2023), Yellen mengatakan bahwa, pihaknya telah belajar dari kebuntuan batas utang masa lalu. "Menunggu sampai menit terakhir untuk menangguhkan atau meningkatkan batas utang dapat menyebabkan kerugian serius bagi kepercayaan bisnis dan konsumen, meningkatkan jangka pendek biaya pinjaman untuk pembayar pajak, dan berdampak negatif terhadap peringkat kredit Amerika Serikat," tulis Yellen.

Yellen menambahkan, tidak mengetahui dengan pasti kapan tepatnya AS akan kehabisan kas.

Pengumuman Yellen itu bersamaan dengan Kantor Anggaran Kongres (CBO) melaporkan bahwa ada risiko yang jauh lebih besar bahwa Departemen Keuangan akan kehabisan dana pada awal Juni. "Akan tetapi, perkiraan tanggal habisnya tetap tidak pasti, karena waktu dan jumlah pengumpulan pendapatan dan pengeluaran selama beberapa minggu mendatang sulit diprediksi," kata laporan CBO.

Departemen Keuangan berencana untuk meningkatkan pinjaman hingga akhir kuartal yang berakhir pada Juni, dengan total sekitar 726 miliar dolar AS atau sekitar 449 miliar dolar AS lebih dari yang diproyeksikan awal tahun ini. Para pejabat mengatakan hal ini sebagian disebabkan oleh penerimaan pajak penghasilan yang lebih rendah dari perkiraan, pengeluaran pemerintah yang lebih tinggi, dan saldo kas awal kuartal yang lebih rendah dari yang diantisipasi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement