Kamis 20 Apr 2023 23:26 WIB

Jasa Marga Minta Maaf Kondisi Toilet Kotor di Rest Area Travoy

kondisi toilet tersebut langsung ditangani oleh petugas Rest Area Travoy Palikanci

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas sedang membersihkan toilet di Rest Area Travoy 207A ruas Palimanan-Kanci (Palikanci), Kamis (20/4/2023).
Foto: Dok Jasa Marga
Petugas sedang membersihkan toilet di Rest Area Travoy 207A ruas Palimanan-Kanci (Palikanci), Kamis (20/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkait beredarnya informasi mengenai kondisi kebersihan di salah satu toilet di Rest Area Travoy 207A ruas Palimanan-Kanci (Palikanci), PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Rest Area Travoy, memohon maaf yang kepada para pengguna jalan tol atas ketidaknyamanan tersebut.

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari mengatakan, kondisi toilet tersebut langsung ditangani oleh petugas Rest Area Travoy 207A ruas Palikanci. 

Menurutnya, setiap toilet di Rest Area Travoy selalu dijaga oleh sekurangnya dua orang petugas kebersihan untuk memonitor kondisi toilet secara berkala. Namun, karena tingginya angka pengunjung, terutama yang menggunakan fasilitas toilet di area parkir kendaraan besar, maka kondisi kebersihan di toilet tersebut sempat tidak terkendali.

"Meski kondisi kebersihan di toilet area parkir kendaraan besar sempat terkendala, kami selaku pengelola langsung berkoordinasi dengan petugas kebersihan untuk membersihkan toilet tersebut, sehingga ketidaknyamanan para pengunjung dapat segera teratasi," ungkap Tita, dalam keterangannya, Kamis (20/4/2023). 

Ia menuturkan, kejadian serupa akan diminimalisir dengan cara menyiagakan petugas kebersihan di setiap toilet, dan melakukan pemantauan oleh petugas rest area secara berkala. Sebagai salah satu solusi mengurai penumpukan pengunjung di toilet pun, kata Tita, PT JMRB telah menambah toilet fungsional yang dapat digunakan oleh para pengunjung selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1444 H/2023 ini.

Ia menjamin akan terus memastikan kesiapan fasilitas di Rest Area Travoy dan rest area yang dikelola oleh mitra di ruas Jasa Marga Group dalam kondisi yang prima, sehingga tidak mengganggu kenyamanan para pengunjung rest area. Tidak hanya bagi toilet, kami akan memastikan kondisi seluruh fasilitas di rest area dalam kondisi yang laik guna," ujar Tita.

Selama arus mudik Idul Fitri 1444 H ini, PT JMRB telah menambah toilet fungsional sebanyak 588 bilik sehingga total menjadi 1.772 bilik. Penambahan bilik fungsional tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir penumpukan pengunjung di toilet eksisting. 

Selain itu, PT JMRB juga mengimbau kepada pengunjung rest area untuk memaksimalkan waktu istirahat selama 30 menit, guna mengantisipasi antrean kendaraan di dalam rest area dan memberikan kesempatan pada pengunjung lain untuk menggunakan fasilitas rest area.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement