Jumat 14 Apr 2023 01:35 WIB

Wahana Artha Group Paparkan Update Bisnis Kuartal I 2023

WAG juga mendirikan Sustainability Department untuk membantu menjaga lingkungan.

(Kiri-kanan) Chief of Marketing Officer Wahana Artha Group (WAG), Edi Setiawan, Direktur PT Sahari Multi Investama, Fenfira, Chief of Staff, Ingrid Firmansyah, Group Head of Corcomm, Diana Anggraini saat memaparkan mengenai perkembangan bisnis perusahaan di Jakarta, Kamis (13/4/2023)
Foto: Dok Wahana
(Kiri-kanan) Chief of Marketing Officer Wahana Artha Group (WAG), Edi Setiawan, Direktur PT Sahari Multi Investama, Fenfira, Chief of Staff, Ingrid Firmansyah, Group Head of Corcomm, Diana Anggraini saat memaparkan mengenai perkembangan bisnis perusahaan di Jakarta, Kamis (13/4/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wahana Artha Group (WAG) mencatatkan pertumbuhan bisnis di sektor otomotif pada kuartal I 2023. Tercatat, dua perusahaan otomotif di bawah WAG, yaitu PT Wahana Makmur Sejati (WMS) dan PT Wahanaartha Ritelindo (WARI), mencatatkan kinerja yang baik. 

"Bisnis otomotif roda dua berkembang cukup baik dengan penguatan ekonomi masyarakat. Kedua perusahaan yaitu WMS dan WARI menunjukkan data penjualan kuartal I tahun 2023 bergerak baik," kata Chief Marketing Officer PT Wahana Makmur Sejati, Edi Setiawan saat menggelar buka puasa bersama di Jakarta, Kamis (13/4/2023).  

WAG memiliki dua lini bisnis di sektor otomotif. WMS merupakan main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang. Sementara WARI merupakan perusahaan ritel yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.  

Edi menjelaskan, penjualan WMS tercatat 94.008 unit (semua tipe) untuk wilayah Jakarta dan Tangerang pada kuartal I 2023. Sedangkan, WARI berhasil melepas 16.007 unit (semua tipe) dari 35 outlet jaringan penjualan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia untuk periode yang sama.   

 

"Tahun ini pun WARI membuka cabang baru di dua lokasi yaitu, Tambora dan Hayam Wuruk, Jakarta Barat," ungkap Edi. 

Masih termasuk dalam lini bisnis otomotif, PT Tristar Transindo (TST) yang bergerak di bidang land transporter juga terus mengembangkan kemampuan armada untuk memenenuhi kebutuhan pelanggan. Kini TST diperkuat dengan armada berupa 114 unit truk motor carrier kapasitas 6 hingga 90 unit. Kemudian 93 unit truk car carrier dengan kemampuan angkut 1 unit (towing) hingga 6 unit. 

Sementara itu, layanan kargo diperkuat menjadi 85 unit truk cargo mulai dari ukuran blind van, CDE box, hingga wing box. TST juga menyediakan rental mobil dan motor untuk skala korporat dengan 63 unit kendaraan niaga dan 60 unit rental motor. 

Menurut Edi, jangkauan layanan juga diperluas ke berbagai tujuan di Indonesia seperti Sumatra, Jawa, Bali, hingga Lombok. Selain armada dan perluasan jangkauan angkutan, TST juga mengembangkan kenyamanan layanan konsumen dalam bentuk digital untuk monitoring detail lokasi hingga kecepatan armada. 

"Kini, TST miliki tiga pool yang berada di Cimanggis Depok-Jawa Barat, Karawang Barat-Jawa Barat, dan Sidoarjo-Jawa Timur," ujar Edi.

Lini Usaha Lain

Edi pun memaparkan perkembangan bisnis lini usaha lain yang dimiliki WAG. Grup bisnis yang tahun ini akan menapaki usia ke-51 tahun itu secara khusus mendirikan satu perusahaan yang fokus menangani konsumen (customer relationship management). 

Didirikan sejak 2009, PT Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM) bertugas menjaga loyalitas puluhan ribu konsumen setia Honda Jakarta Tangerang dengan produk CardPlus. Tidak hanya promo potongan harga, konsumen juga berhak untuk dapatkan asuransi kecelakaan hingga promo spesial di berbagai promo merchant ternama yang menjadi rekanan.

WKM pun secara umum menjalankan beberapa program. Mulai dari customer database management, card services management, merchant network, promotional & communication services, dan digital membership

Sementara itu, lini usaha WAG lainnya, PT Kyochon Indonesia resmi menambah outlet baru di Puri Indah Mall, Jakarta Barat. Penambahan ini melengkapi outlet sebelumnya sudah berada di Pacific Place, Kota Kasablanka, Gandaria City, Mall Kelapa Gading, Pondok Indah Mall, Summarecon Mall Serpong, dan AEON BSD. 

Hingga saat ini outlet Kyochon Indonesia berjumlah delapan yang tersebar di Jakarta dan Tangerang. "Masih akan terus ekspansi di tahun 2023 ini," ujar dia.

Kemudian PT Sahari Multi Investama (SMI) selaku unit bisnis membawahi hospitality hingga kini masih memaksimalkan tujuh unit hotel yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Ketujuh hotel itu yakni Santika Kelapa Gading Jakarta, Yello Hotel Manggarai, Amaris Padjajaran Bogor, Santika Pekalongan, Santika Radial Palembang, Amaris Sriwedari Solo dan Santikan Banyuwangi Jawa Timur.  

Pada kesempatan itu, WAG pun menjelaskan mengenai keseriusan manajemen dalam menjaga kondisi lingkungan. Hal ini antara lain dari pendirian Sustainability Department.  

Kelly Budiman dipercayakan sebagai group head of sustainability untuk menerapkan tiga misi utama, yaitu inisiatif, pelaksanaan, dan konsistensi. "Beragam kegiatan sustainability yang kami lakukan sebagai langkah kecil Wahana untuk menjadi pelaku dalam menjaga kelestarian lingkungan,“ papar Kelly.  

Dia menjelaskan, langkah ini antara lain terlihat dari penggunaan instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap. Saat ini ada lima lokasi bisnis yang telah menerapkan teknologi energi terbarukan tersebut.

Mulai dari Hotel Santika Radial Palembang, Santika Banyuwangi, kantor pusat Wahana, distribution center Cimanggis 2, dan distribution center Jatake. Total sebesar 189 ton CO2 emisi telah berhasil dikurangi sejak instalasi PLTS atap pada Agustus tahun lalu.

“Di bidang kesehatan kami memiliki Rumah Sehat Wahana yang siap memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu di Jatake, Tangerang. Kegiatan sosial juga aktif berjalan, seperti bencana gempa Cianjur, bantuan ventilator untuk rumah sakit dan kebakaran pemukiman dekat Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara," kata Ketua Yayasan, Vica Vayerawita.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement