Selasa 11 Apr 2023 14:07 WIB

Harga Beras Medium di PIBC Naik 1,2 Persen

Beras IR64 I dijual Rp 12 ribu dari yang tadinya Rp 11.975.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Pekerja melakukan bongkar muat karung berisi beras di Gudang Beras Food Station, Cipinang, Jakarta, Jumat (3/2/2023). Pasokan beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur dalam kondisi aman.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pekerja melakukan bongkar muat karung berisi beras di Gudang Beras Food Station, Cipinang, Jakarta, Jumat (3/2/2023). Pasokan beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur dalam kondisi aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasokan beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur dalam kondisi aman. Meski demikian, terdapat kenaikan 0,6 persen untuk beras jenis premium dan 1,2 persen untuk beras jenis medium. Diharapkan dalam beberapa minggu ke depan akan terjadi penurunan harga terutama saat puncak panen raya.

Direktur Food Station Cipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo menjelaskan beras IR64 I mengalami kenaikan sebesar Rp 25 perak apabila dibandingkan tanggal 9 April. Saat ini, beras tersebut dijual Rp 12 ribu dari yang tadinya Rp 11.975. Untuk IR64 II terjadi kenaikan sebesar Rp 25 perak apabila dibandingkan per tanggal 9 April kemarin.

Baca Juga

"Harga beras di PiBC dari awal April 2023 sampai dengan kemarin tanggal 10 April mengalami kenaikan. Premium naik 0.6 persen dan medium 1,2 persen," kata Pamrihadi lewat keterangan tertulisnya, Selasa (11/4/2023).

Walau naik, kata Pamrihadi, harga yang dijual tetap dibawah Harga Eceran Tertinggi atau HET terbaru yang ditetapkan. Ia juga memastikan bahwa pasokan dan ketersediaan beras untuk masyarakat Jakarta dalam kondisi aman.

"Walaupun ada kenaikan harga jual, tapi di PIBC jauh dibawah HET terbaru yang ditetapkan," katanya.

Terpisah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan ketersediaan bahan pokok pangan jelang Hari Besar Keagamaan Nasional dalam kondisi aman. Dia menjamin produksi dalam negeri mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga lebaran mendatang.

"Kita pastikan ketersediaan aman. Kita sudah menerima laporan dari daerah dan dari hasil pemantauan di lapangan 13 komoditas kita aman. Walaupun ada 4 komoditas yang didatangkan dari luar negeri seperti kedelai, gula, daging dan bawang putih. Tapi saya pastikan semuanya aman," jelasnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement