Selasa 11 Apr 2023 12:43 WIB

Indeks Konsumen Cina Turun Karea Permintaan Tersendat

Indeks harga konsumen naik 0,7 persen year on year.

Sebuah derek mengangkat peti kemas di pelabuhan peti kemas otomatis di Tianjin, China, Senin, 16 Januari 2023. Inflasi konsumen China mencapai level terendah dalam 18 bulan dan penurunan harga tingkat pabrik meningkat pesat pada bulan Maret karena permintaan tetap lemah.
Foto:

Pembuat kebijakan telah berjanji untuk meningkatkan dukungan bagi ekonomi, yang mencatat salah satu kinerja terburuknya dalam hampir setengah abad tahun lalu karena pembatasan COVID-19 yang ketat.

Data terbaru menunjukkan pemulihan ekonomi China tetap tidak merata di bulan Maret. Sektor jasa mengalami pemulihan yang kuat, tetapi sektor manufaktur kehilangan momentum di tengah lemahnya pesanan ekspor.

"Harga produsen kemungkinan akan melanjutkan penurunannya di periode mendatang karena perdagangan yang lemah dan pemulihan yang lambat dalam konsumsi dan investasi real estat," kata Bruce Pang, kepala ekonom di Jones Lang Lasalle.

"Kebijakan perlu memprioritaskan konsumsi dan terus meningkatkan upaya untuk memperluas permintaan domestik."

Industri yang bergantung pada impor melihat penurunan harga lebih lanjut, dengan penurunan ekstraksi minyak dan gas yang melaju hingga 15,7 persen dari 3,0 persen pada Februari, kata NBS dalam pernyataan terpisah.

Bank sentral negara memangkas rasio persyaratan cadangan bank pada bulan Maret untuk mendukung ekonomi yang menghadapi hambatan termasuk ekspor yang lemah dan penurunan properti. 

 

Beijing perlu "mencoba setiap metode" untuk menstabilkan ekspor ke negara-negara maju, kata Perdana Menteri Li Qiang pada hari Jumat, memperingatkan bahwa dampak perlambatan global terhadap ekonomi domestik tetap menjadi perhatian utama.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement