Selasa 11 Apr 2023 10:09 WIB

Tokopedia Catat Peningkatan Transaksi Antarpulau di Beberapa Wilayah

Ini berkat inisiatif Hyperlocal yang semakin mendekatkan penjual dan pembeli.

Ilustrasi Aplikasi Tokopedia. Platform belanja daring Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi antarpulau di beberapa wilayah selama dua pekan pertama Ramadhan 2023, berkat inisiatif Hyperlocal yang semakin mendekatkan penjual dan pembeli.
Foto: tokopedia.com
Ilustrasi Aplikasi Tokopedia. Platform belanja daring Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi antarpulau di beberapa wilayah selama dua pekan pertama Ramadhan 2023, berkat inisiatif Hyperlocal yang semakin mendekatkan penjual dan pembeli.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform belanja daring Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi antarpulau di beberapa wilayah selama dua pekan pertama Ramadhan 2023, berkat inisiatif Hyperlocal yang semakin mendekatkan penjual dan pembeli.

"Salah satu alasannya adalah banyaknya inisiatif Hyperlocal. Jadi kalau dulu mungkin selalu belanja ke kota-kota besar, sekarang tidak harus. Contohnya bumbu jadi Coto Makassar, saya mau beli asli dari sana, sekarang jadi lebih mudah," kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam acara media gathering di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Nuraini mengatakan, peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi di Tokopedia terjadi di Banyuasin, Sumatra Selatan; Kampar, Kepulauan Riau; dan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Tiga wilayah itu mengalami peningkatan transaksi lebih dari dua kali lipat selama awal Ramadhan 2023, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Di sisi lain, beberapa wilayah juga tercatat mengalami peningkatan transaksi menggunakan pengiriman same day dan instan paling tinggi di Tokopedia pada dua pekan pertama Ramadhan 2023, dengan rata-rata peningkatan lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tiga wilayah itu adalah Kuningan, Jawa Barat; Palangkaraya, Kalimantan Tengah; dan Tabanan, Bali.

"Peningkatan (transaksi) ini juga dikarenakan seller-nya juga sekarang jauh lebih banyak," imbuh Nuraini.

Pada kesempatan yang sama, Nuraini memaparkan bahwa inisiatif Hyperlocal juga meningkatkan transaksi di halaman Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Tokopedia NYAM!. KTP merupakan halaman yang mengkurasi produk-produk dari penjual yang paling dekat dengan lokasi pembeli. Nuraini mengatakan, beberapa wilayah yang mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada dua pekan pertama Ramadhan 2023 berkat halaman tersebut adalah Bandung, Surabaya, dan Denpasar.

Sedangkan inisiatif Hyperlocal pada Tokopedia NYAM! membuat jumlah pembeli maupun transaksi meningkat hampir dua kali lipat selama dua pekan pertama Ramadhan 2023. "Baik jumlah pembeli maupun transaksi melalui Tokopedia NYAM! meningkat hampir dua kali lipat selama dua pekan pertama Ramadhan 2023, dibandingkan dwimingguan biasa sepanjang kuartal I 2023," kata Nuraini.

Selain itu, Nuraini mengatakan penjualan melalui Dilayani Tokopedia juga tercatat turut mengalami peningkatan yakni hampir dua kali lipat pada dua pekan pertama Ramadhan 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. "Kami juga melihat bahwa transaksi parsel makanan lewat Dilayani Tokopedia meningkat hampir 3,5 kali lipat," ujarnya.

Dilayani Tokopedia sendiri merupakan layanan yang dihadirkan untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar. Layanan pemenuhan pesanan tersebut memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Aktivitas operasional penjual mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan produk, pengantaran ke kurir, hingga penanganan kendala. Jika dibutuhkan, akan dilayani oleh Tokopedia.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement