Senin 10 Apr 2023 19:21 WIB

Kementan Pastikan Stok 12 Bahan Pokok di Bengkulu Aman Jelang Lebaran

Kementan menjamin kebutuhan pokok terpenuhi dengan baik jelang Lebaran.

Pasar Murah yang diselenggarakan oleh Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Bulog Provinsi Bengkulu  dan beberapa produsen ini disambut baik oleh masyarakat dan sangat antusias untuk berbelanja berbagai kebutuhan pokok.
Foto: Dok. Kementan
Pasar Murah yang diselenggarakan oleh Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Bulog Provinsi Bengkulu dan beberapa produsen ini disambut baik oleh masyarakat dan sangat antusias untuk berbelanja berbagai kebutuhan pokok.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) memastikan stok 12 bahan pokok di Provinsi Bengkulu aman. Untuk menjaga harga jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah (H), digelar Pasar Murah salah satunya di Masjid Jami’atul Hikmah Kelurahan Panorama, Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu.

Pasar Murah yang diselenggarakan oleh Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Bulog Provinsi Bengkulu  dan beberapa produsen ini disambut baik oleh masyarakat dan sangat antusias untuk berbelanja berbagai kebutuhan pokok. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah menurunkan seluruh jajarannya untuk memastikan stok pangan di pasaran saat Ramadhan dan jelang Idul Fitri untuk menjamin kebutuhan masyarakat tak terganggu sama sekali.

Baca Juga

“Kami ingin memastikan bahwa kebutuhan bahan pokok masyarakat tak terganggu. Kami ingin memastikan bahwa ketersediaan pangan tak boleh berkurang. Pangan adalah hal krusial yang harus terus tersedia,” kata Mentan SYL, Senin (10/4/2023).

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) PSP Kementan Ali Jamil menjamin segala kebutuhan pangan akan terpenuhi dengan baik. Ia berharap masyarakat untuk tidak panik dan melakukan aksi panic buying dengan memborong secara berlebihan kebutuhan pangan.

 

“Insya Allah kami jamin pasokan pangan dalam kondisi aman dan terkendali. Tentu pemenuhan kebutuhan pangan ini merupakan salah satu tujuan pembangunan pertanian kita,” ungkapnya.

photo
Pasar Murah yang diselenggarakan oleh Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Bulog Provinsi Bengkulu dan beberapa produsen ini disambut baik oleh masyarakat dan sangat antusias untuk berbelanja berbagai kebutuhan pokok. - (Dok. Kementan)
 

Direktur Irigasi Pertanian Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Rahmanto memaparkan, ketersediaan dan harga bahan pangan seperti beras, jagung, telur ayam, minyak goreng, dan daging ayam agar terus dipantau oleh seluruh stakeholder untuk menjamin ketersediaan pangan agar kebutuhan masyarakat aman.

“Hasil survei pasar bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu dan tim pengendalian infasi daerah (TPID) dari Bank Indonesia (BI) Bengkulu di Pasar Panorama, Kota Bengkulu dikatakan bahwa stok 12 bahan pokok aman sampai Idul Fitri dan harga juga terpantau cukup stabil,” jelas Rahmanto.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Sisardi, kegiatan ini rutin dilakukan menjelang Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri untuk membantu masyarakat dan meningkatkan daya beli masyarakat. 

"Untuk harga dan stok bahan pokok masih  aman dan tidak ada harga yang terlalu tinggi. Kegiatan pasar murah ini dilakukan secara bergilir di tiap Kabupaten di Provinsi Bengkulu hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H," ungkapnya.

Terpantau harga pangan pokok harian di Pasar Murah inj dalam kondisi stabil. Adapun bahan pangan pokok itu, seperti beras berada di harga Rp 11.000/kg, jagung di harga rata-rata 5.700/kg, cabai merah besar di harga 34.000/kg, dan cabai rawit di harga 49.000/kg.

Sementara, telur ayam di harga 26.000/kg, Bawang merah di harga 35.000/kg dan bawang putih 30.000/kg, daging ayam 32.000/kg, daging sapi 125.000/kg, gula pasir 14.000/kg dan minyak goreng 16.000/kg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement