Jumat 07 Apr 2023 07:10 WIB

ASDP Siapkan Tiga Kapal Layani Arus Mudik di Belitung

Dua kapal ini untuk rute Tanjung Ru-Sadai dan ke Pelabuhan Tanjung Nyato.

Kapal ASDP menunggu untuk bersandar (ilustrasi). PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan tiga kapal guna melayani arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Tanjung Ru, Belitung.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kapal ASDP menunggu untuk bersandar (ilustrasi). PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan tiga kapal guna melayani arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Tanjung Ru, Belitung.

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan tiga kapal guna melayani arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Tanjung Ru, Belitung.

"Kami menyiapkan sebanyak tiga armada kapal untuk melayani arus mudik lebaran tahun ini," kata Kepala Perwakilan Belitung PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bangka, Abdul Gafur di Tanjung Pandan, Kamis(6/4/2023).

Baca Juga

Menurut dia, adapun tiga kapal tersebut yakni KMP Menumbing Raya (Tanjung Ru - Sadai), KMP Gorare (Tanjung Ru - Sadai), dan KMP Putri Leanpuri (Tanjung Ru - Tanjung Nyato). "Armada yang kami persiapkan ini adalah dua kapal melayani rute pelabuhan Tanjung Ru di Belitung menuju Pelabuhan Sadai di Bangka Selatan dan satunya lagi melayani rute Pelabuhan Tanjung Nyato," ujarnya.

Dikatakan dia KMP Menumbing Raya dapat mengangkut sebanyak 243 penumpang, 21 unit kendaraan campuran baik roda dua maupun empat. Selanjutnya KMP Gorare memiliki kapasitas angkut sebanyak 82 orang penumpang dan 11 kendaraan campuran.

"Sedangkan KMP Putri Leanpuri berkapasitas 90 penumpang dan 13 kendaraan campuran," kata Abdul Gafur.

Ia mengatakan jadwal KMP Menumbing Raya rute pelabuhan Tanjung Ru - Sadai hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Sedangkan KMP Gorare jadwal keberangkatannya adalah hari Senin, Rabu dan Jumat.

"Kalau KMP Putri Leanpuri jadwal keberangkatannya adalah setiap hari," ujarnya.

Abdul Gafur menjelaskan pergerakan pemudik di pelabuhan Tanjung Ru Belitung diprediksi akan berlangsung pada H-7 lebaran.

"Kami sudah siap melayani arus mudik pada H-7 lebaran," katanya.

Menurut Abdul Gafur, apabila jumlah pemudik dan kendaraan nanti meningkat pihaknya akan menambah jadwal keberangkatan kapal di pelabuhan itu.

"Jika nanti ada penumpukan muatan baik barang maupun penumpang kami akan ada pelayaran tambahan," katanya.

Dirinya belum bisa memastikan berapa jumlah penumpang dan kendaraan yang akan melintas di pelabuhan Tanjung Ru pada musim mudik lebaran nanti. "Kalau jumlah belum bisa terlihat nanti akan kami laporkan berapa jumlah penumpang namun prediksi memang akan mengalami peningkatan," ujarnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement