Sabtu 01 Apr 2023 13:25 WIB

IMF Setujui Pinjaman 15,6 Miliar Dolar AS untuk Ukraina

Pinjaman ini merupakan bagian dari dukungan global 115 miliar dolar AS.

Sebuah gedung bertingkat terbakar setelah diserang oleh serangan udara Rusia di Avdiivka, Ukraina, Jumat (17/3/2023). Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pada hari Jumat (31/3/2023) bahwa dewan eksekutifnya menyetujui program pinjaman empat tahun senilai 15,6 miliar dolar AS untuk Ukraina.
Foto:

Seorang pejabat senior Departemen Keuangan AS mengatakan program itu "sangat solid" dan termasuk komitmen dari otoritas Ukraina untuk mencapai 19 tolok ukur struktural selama tahun depan saja.

Deputi Direktur Pelaksana Pertama IMF Gita Gopinath mengatakan program tersebut menghadapi risiko "sangat tinggi", dan keberhasilannya bergantung pada ukuran, komposisi, dan waktu pembiayaan eksternal untuk membantu menutup kesenjangan fiskal dan pembiayaan eksternal serta memulihkan kesinambungan utang Ukraina.

"Invasi Rusia ke Ukraina terus memiliki dampak ekonomi dan sosial yang menghancurkan," katanya, memuji otoritas Ukraina karena mempertahankan stabilitas makroekonomi dan keuangan secara keseluruhan meskipun ada ketegangan perang.

Keputusan tersebut meresmikan kesepakatan tingkat staf IMF yang dicapai dengan Ukraina pada 21 Maret yang mempertimbangkan jalur Ukraina menuju aksesi ke Uni Eropa setelah perang.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyambut baik pendanaan baru tersebut. "Ini merupakan bantuan penting dalam perjuangan kami melawan agresi Rusia," katanya di Twitter. 

 

"Bersama kita mendukung perekonomian Ukraina. Dan kita maju menuju kemenangan!"

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement