Senin 27 Mar 2023 19:12 WIB

Pertamina Tambah Stok BBM Hingga 15 Persen Jelang Libur Lebaran di Bali

Konsumsi BBM harian saat libur Lebaran di Bali diprediksi akan meningkat enam persen.

Petugas mengisi bahan bakar minyak jenis Pertalite.
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Petugas mengisi bahan bakar minyak jenis Pertalite.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- PT Pertamina menambah stok Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga 15 persen dari stok, di dua Terminal BBM, yakni Depo Manggis Karangasem dan Sanggaran Denpasar untuk memenuhi kebutuhan libur Lebaran di Bali. "Kami sudah melakukan pengamanan stok," kata Penjabat Sementara Manager Komuikasi dan CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Taufiq Kurniawan dihubungi di Denpasar, Senin (27/3/2023).

Ia menjelaskan, stok BBM di Bali jenis pertalite mencapai 15 ribu kiloliter dan pertamax mencapai 21.284 kiloliter. Kemudian pertamax turbo mencapai 895 kiloliter, solar mencapai 9.799 kiloliter, dan pertamina dex mencapai 421 kiloliter.

Baca Juga

Pihaknya memproyeksi konsumsi BBM gasoline atau pertalite dan pertamax meningkat mencapai sekitar enam persen di Bali dari konsumsi harian masyarakat. Ada pun konsumsi harian normal gasoline di Bali mencapai 2.870 kiloliter atau menjadi 3.052 kiloliter.

Sedangkan konsumsi harian gasoil atau BBM jenis solar diperkirakan turun tiga persen dari 844 kiloliter menjadi 814 kiloliter. Penurunan itu, kata dia, seiring larangan operasional truk yang mengangkut barang saat arus mudik Lebaran.

Selain itu, konsumsi avtur atau bahan bakar untuk pesawat udara juga menjadi perhatian Pertamina dengan penyaluran per hari diperkirakan mencapai sekitar 3.994 kiloliter. Avtur dipasok dari Terminal BBM Manggis dan Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali.

Ada pun skema penambahan stok BBM itu yakni penambahan stok hingga 10 persen saat periode Ramadhan. Sedangkan penambahan stok BBM akan ditambah hingga 15 persen saat mobilitas semakin meningkat.

"Untuk Ramadhan dan Idul Fitri di Bali bukan tujuan mudik tapi tujuan untuk berlibur," katanya.

BUMN bidang minyak dan gas itu akan bersiaga untuk memastikan layanan dan ketersediaan BBM di Bali terpenuhi hingga arus balik Lebaran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement