Selasa 21 Mar 2023 19:41 WIB

Holding Pertambangan Resmi Berubah Nama Jadi PT Mineral Industri Indonesia

RUPS ini sekaligus mengesahkan pemisahan Inalum.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Lida Puspaningtyas
Holding BUMN Pertambangan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Kementerian BUMN, Selasa (21/3/2023).
Holding BUMN Pertambangan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Kementerian BUMN, Selasa (21/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Holding BUMN Pertambangan atau MIND ID resmi usaha bernama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) setelah sebelumnya bernama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM. Ketentuan ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar Selasa (21/3/2023).

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf menjelaskan MIND ID akan lebih fokus kepada strategic holding company. Sedangkan dalam RUPS ini sekaligus mengesahkan pemisahan Inalum sebagai anak usaha yang fokus dalam pengembangan bisnis operasi petambangan dan hilirisasi alumunium.

Baca Juga

“PT Mineral Industri Indonesia (Persero) telah resmi menjadi nama dari entitas MIND ID, yang akan berperan sebagai strategic holding company dan fokus pada peningkatan efektifitas dari kegiatan-kegiatan strategis dan fokus pada efisiensi dan meningkatkan nilai tambah antar Anggota Holding," ujar Heri usai RUPS yang digelar di Kementerian BUMN, Selasa (21/3/2023).

Heri juga menjelaskan langkah ini merupakan implementasi dari PP no. 45 tahun 2022 mengenai Pengurangan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium dan PP no 46 tahun 2022 mengenai Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia untuk pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) di Bidang Pertambangan.

Tujuan dari transformasi MIND ID – INALUM yaitu memisahkan fungsi holding dan operasional yang selama ini melekat pada satu entitas perusahaan. Dengan transformasi ini, MIND ID akan lebih efektif dan efisien mengelola rencana proyek bisnis dan investasi yang menciptakan nilai tambah bagi grup. Transformasi ini juga akan memperkuat tata kelola MIND ID sehingga dapat mengoptimalkan kontribusi perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement