Jumat 17 Mar 2023 12:02 WIB

Penghargaan Terkait Transformasi Digital Turut Diberikan pada Malam Anugerah BUMN 2023

Pada 2022, Peruri telah membuat 12 aplikasi untuk meningkatkan efektivitas.

Malam Anugerah BUMN 2023
Foto: Dok. Bumn
Malam Anugerah BUMN 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anugerah BUMN 2023 sebagai bentuk apresiasi kepada para CEO dan perusahaan BUMN yang berkiprah bagi pertumbuhan kinerja perusahaan kembal digelari. 

Anugerah BUMN 2023 yang memasuki tahun ke-12 mengangkat tema “Akselerasi Transformasi Digital, Inovasi dan Recovery Bisnis BUMN”. Proses penjurian Anugerah BUMN 2023 dilakukan secara daring melalui tiga tahap. Pertama, proses penyeleksian dokumen yang berlangsung pada 18 Januari-10 Februari 2023.

Baca Juga

Bagi peserta yang lolos wajib mengikuti tahap kedua berupa wawancara korporasi yang berlangsung pada 15-20 Februari 2023. Dalam acara anugerah itu, Peruri meraih penghargaan transformasi digital peringkat 1 pada acara Anugerah BUMN 2023. Transformasi digital yang dijalankan Peruri mencakup bisnis, infrastruktur dan pengembangan kompetensi karyawan. Penghargaan diterima secara langsung oleh Gandung Anggoro Murdani, Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. 

Seperti dilansir dari Antara, Jumat (17/3/2023), salah satu keberhasilan Peruri menjalankan transformasi digital adalah Peruri memiliki seratus persen karyawan sebagai digital talent pada program yang diselenggarakan oleh Forum Digital Indonesia (Fordigi). Angka ini merupakan yang tertinggi dari seluruh BUMN. Transformasi digital yang dijalankan Peruri tidak hanya mencakup bisnis akan tetapi digitalisasi juga diterapkan pada proses bisnis internal. 

Pada 2022 Peruri telah membuat 12 aplikasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses bisnis. Upaya digitalisasi yang diterapkan Peruri membuahkan hal yang cukup baik yaitu hasil Assessment INDI 4.0 memperoleh skor 3,05 dengan kategori Champion INDI 4.0. Skor tersebut menandakan bahwa Peruri berada pada level 3 dengan penilaian “telah bertransformasi” dengan kategori “kesiapan matang”. 

Dari sisi Teknologi Informasi, Peruri mendapatkan skor 3,5 dalam pengukuran IT Maturity Level melalui pendekatan Control Objective for Information and Related Technology (COBIT). COBIT merupakan framework berisi best-practices untuk tata kelola dan manajemen Teknologi Informasi (TI) guna menyelaraskan berbagai faktor organisasi terkait TI sehingga dapat bersinergi dalam mewujudkan tujuan organisasi.

“Esensinya, Peruri tidak hanya sebatas perusahaan percetakan saja, tetapi lebih dari itu sebagai pemegang otoritas penjamin keaslian produk baik di bidang security printing maupun security digital,” kata Gandung. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement