Kamis 16 Mar 2023 10:20 WIB

Ada Kuota 65 Ribu Orang, Ini Cara Daftar Mudik Gratis BUMN

Peserta harus memiliki sepeda motor dengan pajak dan SIM masih aktif.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) (ilustrasi). Pendaftaran program mudik gratis bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah dibuka sejak 15 Maret 2023. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program tersebut pada Lebaran 2023, dapat mendaftar secara daring melalui laman mudik.jasaraharja.co.id.
Foto: ANTARA /Aprillio Akbar
Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) (ilustrasi). Pendaftaran program mudik gratis bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah dibuka sejak 15 Maret 2023. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program tersebut pada Lebaran 2023, dapat mendaftar secara daring melalui laman mudik.jasaraharja.co.id.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendaftaran program mudik gratis bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah dibuka sejak 15 Maret 2023. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program tersebut pada Lebaran 2023, dapat mendaftar secara daring melalui laman mudik.jasaraharja.co.id.

Terdapat 76 BUMN yang berkolaborasi dan dipimpin oleh PT Jasa Raharja (Persero) dalam program mudik gratis tersebut. "Harapannya, dengan program mudik gratis BUMN 2023, perjalanan mudik masyarakat menjadi aman, nyaman dan penuh berkah," kata Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (15/3/2023) malam.

Baca Juga

Dia menjelaskan, program mudik bersama dilakukan sebagai langkah strategis Jasa Raharja dan Kementerian BUMN untuk memitigasi risiko kecelakaan lalu lintas. Rivan mengimbau masyarakat yang akan melakukan mudik, khususnya yang akan menggunakan kendaraan roda dua dapat memanfaatkan program mudik bersama ini sehingga lebih aman dan nyaman.

Rivan menyampaikan, program mudik gratis akan diberangkatkan dari berbagai titik di beberapa kota. Beberapa di antaranya dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Palembang ke berbagai kota tujuan.

"Pendaftaran mudik gratis akan dibuka secara daring maupun luring. Peserta dapat melihat pengumuman detail pendaftaran Mudik Bersama BUMN di website maupun sosial media resmi dari masing-masing BUMN penyelenggara," jelas Rivan.

Program mudik bersama BUMN memiliki kuota untuk 65.603 orang dengan rincian 46.523 penumpang pada 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut. "Ini bagian dari BUMN untuk hadir dalam membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa," kata Menteri BUMN Erick Thohir.

Erick menilai program mudik bersama juga sebagai langkah strategis untuk memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik. Dengan program mudik bersama tersebut,

menurut Erick dapat mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman.

Berikut syarat mendaftar Mudik Gratis Bersama BUMN 2023 secara daring:

1. Unduh dan membuat akun JRku

2. Harus memiliki sepeda motor yang dibuktikan dengan STNK

3. Pajak kendaraan sepeda motor masih berlaku

4. Harus memiliki SIM C yang masih aktif

5. Pendaftar dan peserta harus dalam satu keluarga

6. Apabila salah satu persyaratan dalam lima poin tersebut tidak terpenuhi maka pendaftaran tidak dapat dilanjutkan

Berikut cara mendaftar Mudik Gratis Bersama BUMN 2023 secara daring:

1. Peserta dapat membuka laman resmi mudik.jasaraharja.co.id.

2. Lakukan pencarian tiket berdasarkan pilihan moda transportasi yang diinginkan

3. Selanjutnya pilih lokasi tujuan untuk mengetahui ketersediaan kuota.

4. Jika tersedia, peserta bia mengisi data diri yang dibutuhkan.

5. Selanjutnya sistem akan memverifikasi dan setelah lolos maka tiket elektronik akan dikirim.

6. Simpan tiket elektronik dan tunjukan kepada petugas saat keberangkatan.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement