Rabu 08 Mar 2023 05:47 WIB

Mendag Zulhas Kunjungi Inggris untuk Tingkatkan Ekspor Kopi Indonesia

Ekspor Indonesia ke Inggris tercatat sebesar 1,7 miliar dolar AS pada 2022.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja ke Inggris pada 7 hingga 9 Maret untuk menandatangani kesepakatan kopi internasional, Selasa (7/3/2023).
Foto: dok pribadi
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja ke Inggris pada 7 hingga 9 Maret untuk menandatangani kesepakatan kopi internasional, Selasa (7/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) bertolak ke London, Inggris, dalam rangka kunjungan kerja pada 7-9 Maret 2023. Kunjungan ini untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan ekspor kopi Indonesia.

Mendag diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Departemen Bisnis dan Perdagangan, utusan Perdana Menteri Inggris, dan pengusaha Inggris. Mendag juga akan melakukan penandatanganan kesepakatan kopi internasional (International Coffee Agreement/ICA) serta menyampaikan pidato kunci pada Forum Bisnis United Kingdom (UK) ASEAN Business Council.

Baca Juga

"Indonesia menyambut baik rencana penandatanganan ICA 2022 agar dapat terus bekerja sama dengan Organisasi Kopi Internasional (International Coffee Organization/ICO) untuk mengatasi berbagai tantangan bagi masa depan kopi Indonesia di pasar internasional dan meningkatkan kesejahteraan petani kopi," ujar Zulkifli dalam keterangan tertulis, Selasa (7/3/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Zulkifli didampingi Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono dan Staf Khusus Menteri Perdagangan bidang Perjanjian Perdagangan Internasional Bara Hasibuan.

Ketua Umum DPP PAN ini menyebut bahwa kunjungan ini merupakan kesempatan untuk memperkuat kerja sama yang telah terjalin antara Indonesia dan Inggris. Dia berharap, rangkaian pertemuan ini dapat membawa hasil nyata bagi kemajuan perdagangan dan investasi Indonesia.

"Penandatanganan ICA juga menjadi landasan peningkatan kerja sama untuk merevitalisasi sektor kopi Indonesia," kata Zulhas.

Diketahui, total perdagangan Indonesia-Inggris tercatat sebesar 2,7 miliar dolar AS pada 2022. Catatan ini mengalami kenaikan sekitar 5,30 persen dibanding tahun sebelumnya. Di tahun yang sama, ekspor Indonesia ke Inggris tercatat sebesar 1,7 miliar dolar AS, sementara impor Indonesia dari Inggris sebesar 1,0 miliar dolar AS.

Sedangkan pada 2021, total perdagangan Indonesia dengan Inggris tercatat sebesar 2,6 miliar dolar AS. Dari total tersebut, ekspor Indonesia ke Inggris tercatat sebesar 1,5 miliar dolar AS, sementara impor Indonesia dari Inggris tercatat sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Produk ekspor utama Indonesia ke Inggris di antaranya alas kaki dengan bagian atas dari bahan tekstil, alas kaki dengan bagian atas dari kulit samak, produk pertukangan dan bahan bangunan dari kayu, minyak kelapa sawit dan mesin cetak.

Sedangkan produk impor utama Indonesia dari Inggris di antaranya kertas atau kertas karton, obat, kendaraan bermotor untuk pengangkutan, barang, sisa dan skrap fero, serta perangkat telepon.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement