Ahad 05 Mar 2023 17:32 WIB

Mercedes-Benz Mulai Bangun Pabrik Daur Ulang Baterai

Pembangunan tahap pertama pabrik daur ulang itu berlangsung pada Desember 2023.

Mercedes Benz mulai membangun pabrik daur ulang baterai berkapasitas 2.500 ton di Jerman/ilustrasi.
Foto: EPA/FOCKE STRANGMANN
Mercedes Benz mulai membangun pabrik daur ulang baterai berkapasitas 2.500 ton di Jerman/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mercedes-Benz mulai membangun pabrik daur ulang baterai berkapasitas 2.500 ton dengan total produksi lebih dari 50.000 modul baterai yang berlokasi di Kuppenheim, Jerman bagian selatan.

Pembangunan tahap pertama pabrik daur ulang itu akan berlangsung pada Desember 2023, sedangkan bahan baku baterainya akan berasal dari komponen pengisian mobil listrik yang sudah tak terpakai.

Baca Juga

"Kami mengirimkan sinyal penting dari kekuatan inovatif di Baden-Wurttemberg dan Jerman untuk elektro-mobilitas yang berkelanjutan," kata anggota dewan manajemen Mercedes-Benz Jörg Burzer, sebagaimana diwartakan Reuters.

Ia menjelaskan operasional baterai tidak akan bergantung sepenuhnya pada pasokan listrik, melainkan memanfaatkan tenaga surya dan sumber lain yang lebih ramah lingkungan.

 

“Ini sangat penting mengingat terbatasnya ketersediaan bahan baku dengan permintaan yang tinggi, seperti litium, kobalt, dan nikel,” ujar pejabat lingkungan, iklim, dan energi di Baden-Württemberg, Jerman, Thekla Walker.

Pabrik di Kuppenheim beroperasi secara netral CO2, menggunakan listrik tenaga matahari dan listrik hijau. Pembangunan pabrik itu merupakan bagian dari proyek riset sains yang didanai Kementerian Federal Ekonomi dan Perlindungan Iklim Jerman.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement