Rabu 01 Mar 2023 23:40 WIB

Diperluas, Pengguna Bisa Tukarkan Gopay Coins Saat Bertransaksi 

Pengguna Gopay kini dapat mengumpulkan dan menukarkan Gopay Coins saat bertransaksi.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pengguna menunjukkan aplikasi Gopay. Pengguna Gopay kini dapat mengumpulkan dan menukarkan Gopay Coins saat bertransaksi
Foto: Republika/Friska
Pengguna menunjukkan aplikasi Gopay. Pengguna Gopay kini dapat mengumpulkan dan menukarkan Gopay Coins saat bertransaksi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna Gopay kini dapat mengumpulkan dan menukarkan Gopay Coins saat bertransaksi di berbagai merchant online dan offline yang menggunakan layanan financial technology (fintech) tersebut. Termasuk di XXI, Codashop, Hypermart, Blue Bird, Pizza Hut, serta berbagai merchant QRIS, dan merchant online lain.

Sejak awal diluncurkan pada Oktober 2021, Gopay Coins merupakan sistem poin loyalitas bagi pengguna GoPay yang bertransaksi di layanan Gojek dan Tokopedia. Sistem poin diberikan dalam bentuk saldo cashback sebagai reward kepada pengguna. 

Baca Juga

Nilai tukar satu Gopay Coins sama dengan Rp 1 dan akan berlaku hingga akhir tahun berikutnya. Dengan perluasan jangkauan manfaat Gopay Coins ke merchant di luar aplikasi Gojek dan Tokopedia, pengguna mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan cashback yang bisa secara langsung digunakan untuk mengurangi biaya transaksi. 

Selain itu, Gopay Coins menawarkan fleksibilitas kepada pengguna karena dapat digunakan setiap saat untuk transaksi apa pun sesuai kebutuhan mereka. Gopay Coins juga bisa digabungkan dengan metode pembayaran lain untuk semua jenis pembelian di Gojek, Tokopedia, serta merchant yang menerima Gopay sebagai alat pembayaran nontunai.

 

Presiden Unit Bisnis Financial Technology GoTo Hans Patuwo mengatakan, Perluasan jangkauan manfaat GoPay Coins merupakan salah satu bentuk strategi GoTo untuk menghadirkan pengalaman di seluruh ekosistem. "Gopay sebagai salah satu produk dari GoTo Financial, terus melakukan inovasi dan telah menjadi dompet digital terbaik dan paling banyak digunakan di Indonesia," ujar Hans dalam siaran pers, Rabu (1/3/2023).

Langkah itu, kata dia, juga merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memperkuat user engagement dan loyalitas. "Sekaligus meningkatkan sinergi antarplatform di dalam ekosistem GoTo," jelasnya.

Head of User Spend Gopay Kelvin Timotius mengaku antusias dengan perluasan manfaat Gopay Coins. Itu karena sekarang pengguna bisa mendapatkan lebih banyak peluang mengumpulkan GoPay Coins ketika bertransaksi di dalam atau pun di luar aplikasi. 

"Gopay Coins secara resmi hadir di seluruh layanan ekosistem GoTo tahun lalu. Dalam waktu singkat, kami menerima banyak feedback positif mengenai sistem poin loyalitas ini. Langkah terbaru kami dalam memperluas jangkauan manfaat Gopay Coins merupakan bagian dari upaya kami mengapresiasi pelanggan yang telah memilih Gopay untuk bertransaksi nontunai," tuturnya.

 

Gopay Coins sebagai sistem loyalitas pelanggan diklaim telah memberikan hasil positif bagi kinerja GoTo Group. Data internal GoTo mencatat pada kuartal III 2022 peningkatan penggunaan Gopay Coins telah mendorong akuisisi pelanggan lintas platform sebesar 2,3 kali lebih tinggi, dibanding insentif lain. Itu sekaligus menghemat beban akuisisi pelanggan sebesar 20 persen dibandingkan insentif yang hanya bisa digunakan pada satu platform. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement