Senin 27 Feb 2023 19:04 WIB

MUFG dan Danamon Fasilitasi Startup Jaring Investor 

Ini adalah kelanjutan penempatan dana 100 juta dolar AS untuk pendirian modal ventura

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Yasushi Itagaki didampingi (ki-ka) Wakil Direktur Utama Honggo Widjojo Kangmasto, dan Executive Officer, Country Head of Indonesia, MUFG Bank, Ltd. Kazushige Nakajima dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 27 Februari 2023.
Foto: Bank Danamon
Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Yasushi Itagaki didampingi (ki-ka) Wakil Direktur Utama Honggo Widjojo Kangmasto, dan Executive Officer, Country Head of Indonesia, MUFG Bank, Ltd. Kazushige Nakajima dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 27 Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MUFG dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk menyelenggarakan Business and Investment Matching Fair. Acara ini digelar untuk menghubungkan nasabah korporat dalam ekosistem MUFG dan memberikan akses bagi usaha rintisan (startup) untuk menjangkau calon investor. 

Forum Investment Matching ini didukung oleh unit investasi MUFG, yakni MUIP, KFIN dan MARS Capital, yang bertemu dengan para start-up Indonesia untuk memberikan wawasan bisnis. Sekitar 115 nasabah, 150 start-up, dan tiga entitas pembiayaan milik MUFG hadir dalam dua acara tersebut.

Baca Juga

Acara Business Matching Fair yang diadakan setiap tahun tersebut merupakan platform yang memungkinkan MUFG dan Danamon untuk menghubungkan nasabah kedua bank bertemu dan berjejaring, bertukar wawasan bisnis, menjajaki peluang kolaborasi, dan pada akhirnya diharapkan dapat berujung pada kesepakatan bisnis.

Acara ini merupakan kelanjutan dari penempatan dana sebesar 100 juta dolar AS untuk pendirian modal ventura oleh Danamon, MUFG dan MUIP. Perusahaan modal ventura yang berfokus di Indonesia tersebut bernama MUFG Innovation Garuda No. 1 Limited Investment Partnership (Garuda Fund).

"Acara ini diharapkan memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah dalam ekosistem MUFG. Kami berharap para nasabah kami akan memperoleh manfaat melalui kesempatan terhubung dengan jaringan MUFG yang terdiri dari perusahaan Jepang dan Asia," kata Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk Yasushi Itagaki melalui siaran pers, Senin (27/2/2023).

Agenda Business Matching serupa juga diadakan di negara lain oleh mitra strategis MUFG lainnya, Krungsri (Bank of Ayudhya) di Thailand dan Security Bank di Filipina. Acara ini dapat memberikan kesempatan bagi nasabah Danamon untuk membangun koneksi bisnis dengan nasabah anak perusahaan MUFG dan mitra bank, serta korporasi di Jepang.

Executive Officer, Country Head of Indonesia, MUFG Bank, Kazushige Nakajima mengatakan acara ini penting bagi MUFG dan Danamon karena mencakup dan memenuhi kebutuhan kedua sisi rantai pasok-permintaan dalam ekosistem MUFG. 

"Bersama dengan Danamon dan mitra investment fund MUFG, kami berharap dapat terhubung dengan start-up Indonesia dan mengeksplorasi ide-ide baru untuk berkolaborasi dan membantu dunia usaha untuk mengambil langkah menuju pertumbuhan yang berkelanjutan,” ujar Kazushige.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement