Ahad 26 Feb 2023 20:14 WIB

Tonton Balap F1 Powerboat Pertama Kali, Jokowi: Sangat Seru

Jokowi menyaksikan langsung F1 Powerboat di Toba, Sumatra Utara.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan keterangan pers usai penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatra Utara, Ahad (26/2/2023).
Foto: Tangkapan Layar
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan keterangan pers usai penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatra Utara, Ahad (26/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi menyaksikan langsung balapan F1 Powerboat di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Ahad (26/2/2023). Seri di Danau Toba tersebut merupakan seri pertama kompetisi perahu balap kursi tunggal musim 2023.

Setelah balapan selesai, Jokowi kemudian menyerahkan langsung trofi kepada juara di podium. Jokowi yang untuk pertama kalinya menyaksikan balapan F1H2O itu menilai balapan tersebut sangat menarik untuk disaksikan.

Baca Juga

"Saya bicara apa adanya ya, ini sebuah event yang sangat seru dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini," ujar Jokowi dalam keterangannya yang diunggah melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Ketika ditanya siapa pembalap favoritnya, Jokowi menyebut Marit Stromoy, seorang pembalap asal Norwegia yang merupakan satu-satunya pembalap wanita di ajang F1H2O.

"Tadi ada yang cewek, Stromoy, yang tadi saya sampaikan ternyata dia juga seorang penyanyi, musisi yang baik di negaranya," ungkapnya.

Jokowi berharap berbagai gelaran internasional lainnya di Indonesia bisa membangun nama di tiap daerah. Selain balap F1 Powerboat di Danau Toba, event internasional lainnya juga akan digelar di Indonesia seperti MotoGP di Mandalika, Formula E di Jakarta, dan Superbike di Mandalika. Ia pun meyakini, penyelenggaran kegiatan internasional ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Saya kira ini akan memicu ekonomi di daerah. Sangat bagus sekali," ujarnya.

Selain Jokowi, sejumlah menteri dan pejabat lainnya turut menyaksikan gelaran F1H2O seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement